Tautan-tautan Akses

Jepang Minta Tiongkok Jamin Keselamatan Warga Jepang di Tiongkok


Dua ribu orang protes anti Jepang di kota Chengdu di propinsi Sichuan, Tiongkok mendorong warga Tiongkok memboikot produk buatan Jepang.

Dua ribu orang protes anti Jepang di kota Chengdu di propinsi Sichuan, Tiongkok mendorong warga Tiongkok memboikot produk buatan Jepang.

Perdana Menteri Jepang minta agar Beijing menjamin keselamatan warganegara Jepang ditengah maraknya protes anti Jepang di Tiongkok.

Perdana Menteri Jepang minta agar Beijing menjamin keselamatan warganegara dan bisnis Jepang di Tiongkok.
Perdana Menteri Naoto Kan mengatakan kepada parlemen Senin bahwa ia telah mengirim sebuah pesan ke Beijing yang menyesali sejumlah protes anti Jepang dan bahwa warganegara Jepang di Tiongkok harus dilindungi.
Beberapa pengunjuk rasa bentrok dengan polisi Senin ketika terjadi demonstrasi yang disertai kekerasan di Wuhan. Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan anti Jepang dan berbaris sambil mengibarkan bendera Tiongkok sambil menyerukan pemboikotan produk-produk Jepang.
Pada Sabtu dan Minggu, ribuan orang ikut ambil bagian dalam demonstrasi anti Jepang di beberapa kota Tiongkok. Kebanyakan berlangsung secara damai. Namun paling sedikit di dua tempat, masa memecahkan kaca jendela mobil dan toko Jepang.
Sekitar 3000 orang di Tokyo, Jepang ikut ambil bagian dalam protes anti Tiongkok Sabtu.
Sentimen nasionalis meningkat di antara kedua negara karena sebuah pertikaian seputar serangkaian pulau di Laut Tiongkok Timur.

XS
SM
MD
LG