Tautan-tautan Akses

Jelang Olimpiade Musim Panas, London Terus Bebenah Diri

  • Henry Ridgwell

Foto udara stadiun 'Olympic Park' di London yang akan menjadi tempat bagi acara Olimpiade Musim Panas tahun ini (foto: LOCOG).

Foto udara stadiun 'Olympic Park' di London yang akan menjadi tempat bagi acara Olimpiade Musim Panas tahun ini (foto: LOCOG).

Kota London terus melakukan berbagai persiapan menjelang Olimpiade musim panas tahun 2012 yang akan dibuka 100 hari lagi.

Olimpiade musim panas 2012 hanya tinggal hitungan hari. Seratus hari lagi, hingga upacara pembukaan tanggal 27 Juli, dan 16 hari pertandingan yang penuh perjuangan dan kegembiraan. Tetapi, apakah kota London sudah siap?

Peraih dua medali emas olimpiade, Sebastian Coe, yang menjadi Ketua Olimpiade 2012 London, mengatakan, “Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi seratus hari patut diperingati. Kalau kita bicara tentang tujuh, enam, lima, atau empat tahun, tidak apa-apa, tetapi kalau kita bicara tentang hari, berarti tinggal 12 kali hari Rabu atau sekitar itu, berarti waktunya sudah sangat dekat”.

Gelanggang olahraga Olympic Park sudah siap, kecuali perlengkapannya. Kolam renang Aquatic Center sudah siap untuk perenang Amerika seperti Michael Phelps, yang berharap menambah rekor medali emasnya dalam olimpiade ini. Phelps telah mendapat 14 medali emas dalam olimpiade sebelumnya. Arena balap sepeda The Velodrome sudah dipakai oleh bintang-bintang balap sepeda Inggris. Olympic Village, yang terletak di London Timur, sedang diselesaikan, seperti lapangan bola voli pantai di sebelah gedung Parlemen.

Presiden Komite Olimpiade Internasional, Jacques Rogge, menyatakan gembira setelah meninjau tempat-tempat pertandingan itu.

Tetapi, di tengah-tengah harapan itu, ada kabar-kabar ketidakpuasan Senin lalu. Kabar-kabar itu datang dari bagian imigrasi di bandara Heathrow, lapangan udara utama Inggris. Para pelancong memasang foto-foto dan menyalurkan kemarahan mereka di internet, karena antrian panjang selama 2 jam.

Komisi Pengawas memperingatkan bahwa pengunjung olimpiade mungkin akan tertahan lama di dalam pesawat atau macet dalam antrian imigrasi. Pemerintah yakin pihaknya siap menghadapi itu. Sebuah terminal bandara sementara telah dibangun khusus untuk para atlet olimpiade.

Setelah keluar dari bandara, para pelancong mungkin akan khawatir menghadapi kemacetan di kereta api bawah tanah dan di jalan-jalan kota London selama lomba olimpiade berlangsung.

Juga terdapat kekhawatiran akan keamanan. Kementerian Pertahanan Inggris berencana menyediakan 13.500 tentara lagi untuk pengamanan olimpiade, sehingga jumlah anggota keamanan diperkirakan sebanyak 23.700 orang. Anggaran keamanan pun menjadi dua kali lipat, yaitu 882 juta dolar.
XS
SM
MD
LG