Tautan-tautan Akses

AS

Jaksa Agung AS Umumkan Pengakuan Pernikahan Gay


Para pendukung pernikahan sesama jenis merayakan persetujuan Senat negara bagian Hawaii ata pernikahan tersebut pada November 2013. (Reuters/Hugh Gentry)

Para pendukung pernikahan sesama jenis merayakan persetujuan Senat negara bagian Hawaii ata pernikahan tersebut pada November 2013. (Reuters/Hugh Gentry)

Departemen Kehakiman akan berusaha memastikan pernikahan sejenis mendapat hak dan perlindungan sama sebagaimana pasangan heteroseksual di setiap gedung pengadilan federal.

Departemen Kehakiman Amerika memperluas pengakuan federal atas pernikahan sejenis bahkan di negara-negara bagian di mana pernikahan tersebut ilegal.

Jaksa Agung Eric Holder berencana mengumumkan perubahan itu pada acara makan malam Sabtu (8/2) yang disponsori Human Rights Campaign - kelompok hak-hak homoseksual.

Holder berencana mengatakan, Departemen Kehakiman akan berusaha memastikan pernikahan sejenis mendapat hak yang sama, perlindungan, dan hak-hak sebagaimana pasangan heteroseksual di setiap gedung pengadilan federal. Hal itu mencakup hal-hal seperti proses kebangkrutan dan hak kunjungan di penjara federal.

Holder berencana secara resmi memperkenalkan kebijakan itu Senin.

Ketua Human Rights Campaign, Chad Griffin menyebut rencana Holder itu pengumuman penting yang akan mengubah kehidupan pasangan gay dan lesbian yang bertekad menjadi lebih baik.

Mahkamah Agung Amerika menolak undang-undang Pertahanan Pernikahan dari pemerintah tahun lalu. Undang-undang itu mendefinisi pernikahan hanya terjadi antara seorang laki-laki dan seorang perempuan.
XS
SM
MD
LG