Tautan-tautan Akses

Israel Cabut Larangan Ibadah di Masjid Al-Aqsa


Peta Yerusalem dan letak masjid Al-Aqsa.
Peta Yerusalem dan letak masjid Al-Aqsa.

Keputusan untuk mencabut pembatasan tersebut diumumkan setelah berlangsung perundingan hari Kamis, yang dipimpin oleh Menlu AS John Kerry, PM Israel Benyamin Netanyahu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Raja Yordania Abdullah.

Kaum Muslim segala usia diizinkan melaksanakan ibadah solat Jumat di Masjid Al-Aqsa. Israel, baru-baru ini, telah membatasi orang-orang yang beribadah di situ, hanya diperuntukkan bagi kaum perempuan dan kaum pria berumur 35 tahun ke atas, khawatir kaum muda akan melakukan kerusuhan.

Juru bicara kepolisian Israel Mickey Rosenfeld mengatakan, Israel berharap keadaan akan berlangsung tenang dan damai hari ini. Rosenfeld menambahkan, unit-unit polisi telah dikerahkan di Yerusalem, untuk mencegah insiden apapun di dan sekitar Kota Tua itu.

Keputusan untuk mencabut pembatasan tersebut diumumkan setelah berlangsung perundingan hari Kamis, yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry dengan PM Israel Benyamin Netanyahu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Raja Yordania Abdullah.

Mengomentari peluang untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian Timur Tengah, Kerry menjawab, ini bukan waktu yang tepat bagi para pemimpin Israel dan Palestina untuk melakukan perundingan langsung.

Di bawah persetujuan yang telah lama berlaku, warga Yahudi boleh mengunjungi kawasan Haram Al-Syarif atau Bukit Kuil, tetapi tidak secara terbuka melakukan ibadah di situ.

XS
SM
MD
LG