Tautan-tautan Akses

Israel Klaim Tewaskan Mata-mata Hamas dalam Serangan ke Rumah Sakit Gaza


Sebuah ledakan terjadi di tempat yang menurut militer Israel adalah sebuah terowongan di kompleks Rumah Sakit AI Shifa di Gaza, 24 November 2023 lalu (foto: dok).
Sebuah ledakan terjadi di tempat yang menurut militer Israel adalah sebuah terowongan di kompleks Rumah Sakit AI Shifa di Gaza, 24 November 2023 lalu (foto: dok).

Juru bicara pemerintah Israel, Avi Hyman, mengklaim pasukan militernya telah membunuh seorang mata-mata senior Hamas dalam serangannya ke rumah sakit utama di Gaza.

Ia mengatakan, Faiq Mabhouh adalah pejabat tinggi keamanan dalam negeri Hamas yang menjalankan dan mengarahkan kegiatan militer kelompok militan itu dari dalam kompleks Rumah Sakit Shifa di Kota Gaza.

Militer Israel sebelumnya mengatakan sedang melaksanakan sebuah “operasi sangat presisi” di beberapa bagian kompleks rumah sakit setelah pihak intelijen menyatakan bahwa militan senior Hamas mengumpulkan kekuatan mereka di sana dan mengarahkan berbagai serangan dari kompleks tersebut.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, pasukan Israel menyerang rumah sakit itu, menodongkan senjata dan mengarahkan rudal mereka ke sebuah bangunan yang digunakan untuk melakukan prosedur operasi khusus.

Israel menyerbu rumah sakit yang sama November lalu setelah mengklaim bahwa Hamas menyembunyikan pusat komando dan kendali utama di dalam dan di bawah kompleks rumah sakit tersebut.

Saat itu, Israel mengungkap sebuah terowongan yang mengarah ke sebuah bunker di bawah rumah sakit, di mana ditemukan sejumlah senjata, tetapi bukan fasilitas rumit seperti yang dijelaskan Israel sebelum penggerebekan.

Israel juga menuduh Hamas menggunakan rumah sakit dan fasilitas sipil lainnya untuk melindungi anggotanya. [rd/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG