Tautan-tautan Akses

Israel dan Turki Berusaha Cairkan Ketegangan


Utusan masing-masing negara telah mengadakan pertemuan untuk memperbaiki hubungan setelah penggerebakan Israel terhadap kapal bantuan bagi Gaza.

Utusan tingkat tinggi Israel telah mengadakan pertemuan dengan menteri luar negeri Turki dalam usaha memperbaiki hubungan yang telah memburuk dengan cepat, atas penggrebekan maut Israel terhadap sekelompok kapal yang menuju Gaza bulan lalu.

Media Israel dan Turki melaporkan pada hari Rabu bahwa Benjamin Ben-Eliezer, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Israel bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davuto─člu di tempat yang tidak disebut lokasinya, di Eropa.

Pertemuan tersebut sebelumnya dirahasiakan, tetapi kemudian terungkap ketika dilaporkan pada Rabu malam oleh saluran-saluran televisi Israel. Pembicaraan tersebut tampaknya bertujuan untuk memperbaiki hubungan setelah penggrebekan Israel bulan lalu, yang menewaskan delapan aktivis Turki dan seorang warga Amerika kelahiran Turki.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Rabu mengukuhkan pejabat-pejabat Turki sebelumnya mendekati Ben-Eliezer memohon pembicaraan tidak resmi yang menurut perdana menteri tidak ada alasan untuk menghambatnya. Belum ada komentar sejauh ini dari pemerintah Turki.

Penggrebekan tanggal 31 Mei merupakan pukulan berat terhadap hubungan Turki yang sudah tegang dengan negara Yahudi itu.

XS
SM
MD
LG