Tautan-tautan Akses

Inggris Laporkan Penggunaan Senjata Kimia di Suriah ke PBB


Lokasi pertempuran di Aleppo, Suriah di mana baik pemerintah dan pemberontak Suriah saling tuduh soal penggunaan senjata kimia (foto: dok).

Lokasi pertempuran di Aleppo, Suriah di mana baik pemerintah dan pemberontak Suriah saling tuduh soal penggunaan senjata kimia (foto: dok).

Inggris memberikan informasi baru kepada Sekjen PBB tentang tiga insiden terkait dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah.

Inggris hari Kamis mengatakan pihaknya telah mengirim sepucuk surat kepada Sekjen PBB Ban Ki-Moon yang berisi informasi baru tentang tiga insiden dugaan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah.

Duta Besar Inggris Untuk PBB Mark Lyall Grant mengatakan pemerintahnya terus memberi informasi baru kepada Sekjen PBB Ban Ki-Moon dan kepala tim PBB yang ditunjuk untuk menyelidiki dugaan serangan senjata kimia di Suriah.

Pemerintah Suriah telah meminta Sekjen PBB Ban Ki-Moon untuk menyelidiki dugaan serangan senjata kimia oleh para pemberontak pada tanggal 19 Maret lalu, terhadap desa Khan Al Assal di Aleppo, tetapi berkeras bahwa penyelidikan terbatas pada insiden itu saja.

Beberapa tentara Suriah dilaporkan tewas dan luka-luka dalam insiden itu, namun para pemberontak menyalahkan pemerintah Suriah.

Ban Ki-Moon kini berkeras untuk melakukan penyelidikan lebih luas, termasuk insiden di Homs bulan Desember lalu yang memicu perhatian Inggris dan Perancis.

Ban Ki-Moon juga menunjuk seorang ahli senjata kimia asal Swedia – Ake Sellstrom – untuk memimpin penyelidikan PBB tersebut. Suriah tidak bersedia mengijinkan tim PBB masuk ke Suriah.
XS
SM
MD
LG