Tautan-tautan Akses

India Tangkap 33 Awak Kapal Amerika


Kapal Amerika MV Seaman Ohio ditahan di pelabuhan Tuticorin, Tamil Nadu, India (13/10).

Kapal Amerika MV Seaman Ohio ditahan di pelabuhan Tuticorin, Tamil Nadu, India (13/10).

Polisi India Selatan menangkap sedikitnya 33 awak kapal Amerika yang membawa senjata dan amunisi di perairan India tanpa izin semestinya.

Menteri Luar Negeri India Sujata Singh mengatakan awak itu ditangkap karena tidak bisa menunjukkan dokumen yang membolehkan mereka membawa senjata.

Kapal berbendera Sierra Leone, Seaman Guard Ohio, itu dikawal ke Tuticorin minggu lalu dengan awak warga Inggris, Estonia, India dan Ukraina. Kapal itu milik AdvanFort, perusahaan keamanan maritim berbasis di Amerika.

Direktur AdvanFort William Watson memberitahu VOA, senjata dan amunisi di kapal itu berlisensi dan dimaksudkan untuk misi anti-perompakan di bagian timur Samudera Hindia. Ia mengatakan segera setelah kapal dihentikan, kapten kapal itu memperlihatkan dokumen yang menunjukkan senjata-senjata itu berlisensi sebagaimana mestinya. Watson juga mengatakan Seaman Guard Ohio beroperasi di luar wilayah perairan India ketika ditahan. Namun, ia mengatakan, kapal itu bergerak lebih dekat dari seharusnya ke perairan India karena ombak besar yang disebabkan Topan Phailin.

Analis pertahanan dan urusan strategis India, Bharat Verma, mengatakan penjaga pantai tidak akan menahan kapal jika kapal itu berada di luar perairan India.

Watson mengatakan ketika dihentikan, Seaman Guard Ohio sedang mengisi bahan bakar dari kapal lain di perairan internasional. Ia menyatakan, pembelian bahan bakar itu "sah dan legal." Dalam pernyataan hari Jumat, AdvanFort tidak membahas penahanan kapal tersebut. Perusahaan itu malah berterima-kasih kepada pemerintah India karena memungkinkan Seaman Guard Ohio mengisi bahan bakar dan selamat dari Phailin, topan terkuat di India dalam 14 tahun.
XS
SM
MD
LG