Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Kanada Berhasil Uji Coba Partikel Penghasil Listrik


Ilmuwan Universitas Toronto, Kanada mengembangkan teknologi baru yang menghasilkan atom-atom artifisial untuk menghasilkan listrik (Foto: dok).

Ilmuwan Universitas Toronto, Kanada mengembangkan teknologi baru yang menghasilkan atom-atom artifisial untuk menghasilkan listrik (Foto: dok).

CQD (colloidal quantum dots) dapat menghasilkan sel surya yang ringan dan fleksibel yang dapat dililitkan ke benda-benda besar, termasuk yang permukaannya tidak teratur.

Para periset di Kanada telah berhasil menguji sebuah alat semprot yang menghamburkan partikel-pertikel sangat kecil yang suatu hari nanti dapat digunakan untuk menghasilkan listrik bagi banyak hal, mulai dari perangkat teknologi mobile sampai rumah.

Partikel-partikel itu, yang dikenal sebagai CQDs (colloidal quantum dots) juga disebut sebagai “atom-atom artifisial,” yang sangat efisien dalam menyerap cahaya, termasuk bagian spektrum yang tidak kasat mata.

Ketika disemprotkan ke lapisan film, CQD dapat menghasilkan sel surya yang ringan dan fleksibel yang dapat dililitkan ke benda-benda besar, termasuk yang permukaannya tidak teratur. Para periset mengatakan proses penyemprotannya sangat mudah.

Teknologi baru itu dapat mengubah bagaimana perangkat teknologi dan mungkin rumah atau bangunan mendapat tenaga listrik. Sebuah rumah dengan atap yang terbungkus film CQD, dapat menghasilkan listrik yang diperlukan untuk penggunaan sehari-hari.

Meskipun beberapa eksperimen pertama telah berhasil, para ilmuwan memperkirakan produk itu baru akan dipasarkan lima hinggai 10 tahun lagi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG