Tautan-tautan Akses

Ilmuwan AS Petakan Mikroba Penghuni Tubuh Manusia Sehat


Pemetaan bakteri yang mendominasi tubuh manusia (Foto: ilustrasi National Institute of Health).

Pemetaan bakteri yang mendominasi tubuh manusia (Foto: ilustrasi National Institute of Health).

Penelitian tim ilmuwan Amerika yang dimuat dalam Jurnal "Nature" dan "The Public Library of Sicence" memetakan hampir semua mikroba penghuni tubuh sehat manusia.

Satu tim ilmuwan Amerika telah menyelesaikan proyek jutaan dolar selama lima tahun, dengan memetakan hampir semua mikroba yang menghuni tubuh manusia sehat. Mikroba dalam tubuh sehat tersebut termasuk diantaranya bakteri, virus, dan fungi (jamur).

Para pakar itu mengumpulkan 5.000 sampel yang diambil dari berbagai bagian tubuh 250 orang relawan laki-laki dan perempuan.

Para pakar telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa tubuh manusia berperan sebagai tuan rumah bagi triliunan mikro-organisme yang disebut “microbiome.”

Mereka telah menentukan bahwa sekitar 10 ribu spesies mikroba adalah bagian dari microbiome ini. Sebagian mikroba menyebabkan penyakit pada sebagian orang tetapi tidak menimbulkan gangguan apapun terhadap orang lain.

Para ilmuwan tadi berencana untuk mempelajari microbiome normal dalam usaha untuk memahami perubahan yang terjadi ketika orang sakit dan bagaimana mikroba dapat hidup dengan damai pada sebagian orang dan tidak damai pada sebagian orang lain.

Penelitian tim tadi dimuat dalam jurnal “Nature” dan “The Public Library of Science.”
XS
SM
MD
LG