Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Amati Kaitan Tahun Kelahiran dengan Obesitas


Para pakar mengatakan riset mulai menunjukkan bahwa mempunyai gen obesitas saja otomatis berarti seseorang akan kelebihan berat badan (Foto: ilustrasi).

Para pakar mengatakan riset mulai menunjukkan bahwa mempunyai gen obesitas saja otomatis berarti seseorang akan kelebihan berat badan (Foto: ilustrasi).

Dengan kombinasi kalori tinggi dan makanan berlemak serta ukuran porsi yang lebih besar sejak PD II, kemungkinan tubuh akan menjadi lebih besar dan lebih berat dari pada generasi sebelumnya.

Orang-orang yang dilahirkan setelah 1942 besar kemungkinannya menjadi kegemukan, menurut studi baru yang diterbitkan majalah Proceedings of the National Academy of Sciences di Boston.

Dalam studi-studi sebelumnya variasi pada gen yang disebut FTO telah dikaitkan dengan tendensi ke arah obesitas. Dengan kombinasi kalori tinggi dan makanan berlemak serta ukuran porsi yang lebih besar sejak PD II, kemungkinan tubuh akan menjadi lebih besar dan lebih berat dari pada generasi sebelumnya.

Periset mengamati hubungan antara genetika dan faktor-faktor lingkungan terkait dengan resiko obesitas dengan mempelajari kesehatan 10 ribu orang lebih di kota Framingham di Massachusetts selama beberapa dekade.

Periset mengamati indeks bobot tubuh atau BMI orang tua dan anak-anak serta cucu-cucu mereka. BMI adalah ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat.

Sekitar dua pertiga dari 5.000 lebih anak yang dilahirkan peserta asli studi itu DNAnya diurai, untuk memungkinkan para pengamat mengenali keluarga mana yang membawa unsur genetika yang membuat mereka cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Membandingkan BMI setiap orang dengan tahun mereka dilahirkan, periset tidak menemukan kaitan antara gen FTO dan mereka yang dilahirkan sebelum tahun 1942, tapi ada kaitan kuat antara gen tersebut dan obesitas pada mereka yang lahir setelah 1942.

Para pakar mengatakan riset mulai menunjukkan bahwa mempunyai gen obesitas saja otomatis berarti seseorang akan kelebihan berat badan. Namun kombinasi gen ini dengan faktor lingkungan seperti makanan dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak tampaknya juga bertanggung jawab atas obesitas.

XS
SM
MD
LG