Tautan-tautan Akses

Houthi di Yaman Klaim Dua Serangan Terbaru di Teluk Aden


Polisi maritim menggelar patroli di Teluk Aden di lepas pantai Somalia, pada 26 November 2023. (Foto: AP/Jackson Njehia)
Polisi maritim menggelar patroli di Teluk Aden di lepas pantai Somalia, pada 26 November 2023. (Foto: AP/Jackson Njehia)

Kelompok pemberontak Houthi di Yaman pada Kamis (9/5) mengaku bertanggung jawab atas dua serangan rudal di Teluk Aden terhdap dua kapal kontainer berbendera Panama, di mana serangan tersebut tidak menimbulkan kerusakan berarti.

Sementara itu seorang penasihat pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei kembali mengancam bahwa Iran dapat membuat senjata nuklir jika negara itu memilih untuk mengembangkan jenis senjata tersebut.

Pernyataan juru bicara militer Yaman Brigjen Yahya Saree dan mantan Menteri Luar Negeri Iran Kamal Kharrazi itu disampaikan ketika sekutu mereka, Hamas, terus menekan Israel atas perang yang terus berlanjut terhadap kelompok militan di Jalur Gaza itu.

Kelompok Houthi bersikeras bahwa serangan mereka terhadap pelayaran melalui jalur penting itu dan berlanjut ke Terusan Suez, dan Laut Tengah akan terus berlanjut selama perang Israel-Hamas. [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG