Tautan-tautan Akses

Hewan Peliharaan Anda Sakit? Gunakan Kalung Pintar untuk Memonitor Masalah Medisnya


Kalung Voyce bisa memonitor tanda-tanda kesakitan yang dialami seekor anjing. Produsen kalung tersebut menawarkan versi yang bisa digunakan oleh dokter hewan untuk membuat resep untuk hewan yang sedang dalam proses penyembuhan dari operasi atau penyakit jangka panjang. (Kredit: voyce.com)

Kalung Voyce bisa memonitor tanda-tanda kesakitan yang dialami seekor anjing. Produsen kalung tersebut menawarkan versi yang bisa digunakan oleh dokter hewan untuk membuat resep untuk hewan yang sedang dalam proses penyembuhan dari operasi atau penyakit jangka panjang. (Kredit: voyce.com)

Kini Anda bisa menggunakan perangkat yang bisa dikenakan, atau yang biasa disebut dengan wearable, dengan GPS untuk bisa melacak anjing-anjing yang berkeliaran. Wearable lainnya bisa membantu Anda melacak aktivitas fisik hewan peliharaan.

Kini, dua perusahaan punya teknologi wearable untuk hewan peliharaan: kalung hewan yang bisa memeriksa demam, memonitor debar jantung dan keringat, dan bahkan mendeteksi bila hewan peliharaan Anda kesakitan.

PetPace dari Burlington, Massachusetts, punya kalung medis yang bisa mengukur organ vital seekor anjing dan informasi lainnya untuk mencari tanda-tanda penyakit. Kondisi yang tidak biasa akan mengirimkan pesan melalui telapon, teks atau email. Voyce, yang diciptakan oleh I4C Innovations Inc. di Chantilly, Virginia, punya versi konsumen yang bisa melacak informasi serupa. Perusahaan itu juga punya Voyce Pro yang tersedia bagi dokter hewan untuk memberikan resep kepada hewan peliharaan yang sedang dalam proses pemulihan dari operasi atau penyakit jangka panjang.

Kedua kalung pandai itu bisa diprogram untuk memonitor penyakit khusus seekor hewan peliharaan. Anjing dan kucing dengan berat lebih dari 3,6 kg bisa menggunakan kalung itu.

Kenneth Herring, yang tinggal di luar Detroit, menggunakan PetPace untuk memonitor anjingnya yang berusia 5 tahun, Jack, untuk menguji coba seberapa efektif kalung ini untuk mendeteksi epilepsi.

Ketika Jack kejang, ia akan terjungkal, meneteskan liur dan mungkin kehilangan kesadaran, kata Herring. Sejauh ini, badannya yang berkedut dan tidak adanya gerakan dari Jack akan mengirimkan pesan, dan PetPace berencana menggunakan apa yang mereka pelajari dari Jack untuk disesuaikan pada kalung anjing lain yang juga menderita epilepsi.

Michelle Saltzman, dari Bedford, Massachusetts, menggunakan PetPace untuk Lucas, seekor anjing jenis beagle berusia 10 tahun yang ia adopsi bulan Oktober lalu. Lucas punya kelainan jantung dan sering pingsan; dan dengan kalung monitor itu Saltzman bisa meninggalkan anjingnya di rumah sendirian tanpa khawatir.

Kalung monitor medis PetPace diluncurkan tiga tahun lalu dan telah diuji coba pada ribuan anjing. Voyce untuk pemilik hewan peliharaan diluncurkan pada musim semi lalu, dan versi pro-nya untuk dokter hewan dikeluarkan pada bulan Juli. Lebih dari 100 rumah sakit hewan telah menggunakan Voyce Pro, kata Emily Hartman, direktur manajemen produk I4C Innovations.

Kalung PetPace tersedia di petpace.com dengan harga $150 per kalung dan $15 biaya langganan bulanan, sementara Voyce tersedia di voyce.com dengan harga $200 dan biaya langganan $9.95 per bulan.

Herring mengatakan kalung pintar itu punya keterbatasan, termasuk baterai yang tahan sekitar dua hari hingga delapan minggu, tergantung seberapa banyak data yang diperlukan untuk pemeriksaan dan menyampaikan pesan. Beberapa alat vital Jack diperiksa setiap dua menit sekali dan beberapa diperiksa setiap 15 menit sekali, jadi baterainya habis dalam dua hari dan dibutuhkan waktu dua jam untuk pengisian ulang, waktu di mana Jack tidak mengenakan kalung itu, kata Herring.

Salah satu alasan PetPace tidak meletakkan GPS di kalung pintarnya adalah untuk menghemat baterai, kata Dr. Asaf Dagan, kepala ilmuwan ilmu hewan dan salah satu pendiri PetPace.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG