Tautan-tautan Akses

Hepatitis C Merebak di Rumah Sakit Terbesar Singapura


Penggunaan ampul obat multi-dosis telah disebut sebagai kemungkinan penyebab penularan di Singapura.

Penggunaan ampul obat multi-dosis telah disebut sebagai kemungkinan penyebab penularan di Singapura.

Rumah Sakit Umum Singapura milik negara mengatakan 678 pasien serta 273 karyawan medis telah dihubungi supaya menjalani penyaringan virus itu.

Penularan hepatitis C yang sudah mengakibatkan empat orang meninggal sejauh di Singapura merebak hari Jumat (9/10) setelah rumah sakit terbesarnya mengatakan hampir 1.000 pasien dan staf kesehatan perlu disaring untuk virus itu.

Rumah Sakit Umum Singapura milik negara mengatakan 678 pasien serta 273 karyawan medis telah dihubungi supaya menjalani penyaringan virus itu, menurut laporan media setempat, yang melipatgandakan jumlah yang semula diperkirakan mungkin terkena virus itu.

Rumah sakit sebelumnya mengatakan 22 pasien ginjal telah terinfeksi dengan hepatitis C antara April dan Juni.

Delapan meninggal dunia dan empat di antaranya terkait dengan infeksi virus tersebut dan seorang lagi masih sedang diselidiki.

Penyebab penularan itu masih belum diketahui oleh masyarakat medis.

Hepatitis C biasanya menyebar melalui praktik suntikan yang tidak aman, sterilisasi yang buruk, serta peralatan medis dan transfusi darah yang tidak disaring, menurut WHO.

Penggunaan ampul obat multi-dosis telah disebut sebagai kemungkinan penyebab penularan di Singapura, kecuali kalau jarum dan penyuntik baru digunakan untuk setiap dosis.

Tertundanya pemberitahuan kepada umum juga telah menyebabkan kemarahan di Singapura, yang membanggakan diri karena memiliki sistem perawatan kesehatan moderen yang mendatangkan pasien dari seluruh dunia. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG