Tautan-tautan Akses

Hasil Pemilu Partainya Buruk, Angela Merkel Salahkan Kebijakan Nuklir


Partai pimpinan Kanselir Jerman, Angela Merkel kalah dari partai oposisi pada pemilu regional.

Partai pimpinan Kanselir Jerman, Angela Merkel kalah dari partai oposisi pada pemilu regional.

Kanselir Merkel mengatakan Senin, situasi di PLTN Fukushima dan kebijakan nuklirnya berpengaruh pada kinerja buruk partainya.

Kanselir Jerman Angela Merkel telah menyalahkan kinerja buruk partainya dalam pemilihan regional pada pembahaan negara itu tentang energi nuklir menyusul bencana nuklir Jepang sebelumnya.

Partai Kristen Demokrat pimpinan Angela Merkel jatuh ke posisi ke tiga dalam pemilihan Minggu di Bremen utara – negara bagian Jerman paling kecil – di belakang pihak oposisi, partai Greens. Hasil pemilihan ini menandai untuk pertama kalinya Greens meraih lebih banyak suara dibandingkan kelompok konservatif dalam pemilihan regional atau federal. Partai Sosial Demokrat dan Greens akan berkuasa di negara bagian itu.

Kanselir mengatakan Senin, situasi di PLTN Fukushima dan pertanyaan tentang kebijakan energi yang dimunculkannya berperan penting dalam kinerja buruk partainya di Bremen dan di Baden-Wuerttemberg sebelumnya.

Setelah sebuah keputusan tahun lalu untuk memperpanjang pengoperasian reaktor nuklir Jerman, Merkel bereaksi terhadap krisis nuklir Jepang dengan memerintahkan sebuah moratorium terhadap energi nuklir di Jerman. Ia juga memerintahkan penutupan tujuh reaktor tertua Jerman untuk ditinjau keselamatannya.

Pemerintah Kanselir Merkel yang berkoalisi dengan Demokrat Bebas akan meninjau kembali kebijakan energi nuklir dalam beberapa minggu kedepan dan merencanakan percepatan penggunaan sumber-sumber energi yang bisa diperbaharui.

XS
SM
MD
LG