Tautan-tautan Akses

Malaysia Nyatakan Hari Libur Nasional atas Kemenangan AFF 2010


Suporter tim sepakbola Malaysia saat partai final pertama turnamen AFF Suzuki Cup di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Suporter tim sepakbola Malaysia saat partai final pertama turnamen AFF Suzuki Cup di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengucap selamat via Twitter dan menyatakan Rabu kemarin sebagai malam terbesar bagi sepakbola Malaysia.

Perdana Menteri Malaysia telah menyatakan hari libur nasional untuk menghormati kemenangan negara itu dalam turnamen sepakbola ASEAN (AFF Suzuki Cup) yang dinodai dengan berbagai tuduhan kecurangan.

Malaysia kalah dari Indonesia 2-1 dalam pertandingan final pada hari Rabu Piala Suzuki ASEAN, tetapi tetap menang 4-2 dalam hasil keseluruhan setelah kemenangan 3-0 yang dipertentangkan di Kuala Lumpur pada hari Minggu. Perselisihan atas pertandingan sebelumnya telah menjalar ke seluruh dunia melalaui situs jejaring sosial Twiter, setelah Indonesia mengeluh bahwa penonton Malaysia mengganggu pemain Indonesia dengan menggunakan pena laser genggam.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak sendiri menggunakan Twitter untuk mengucapkan selamat kepada tim nasional atas kemenangan tim Malaysia untuk pertama kalinya di ajang turnamen ASEAN ini. Ia mengatakan kepada kantor berita nasional, Bernama, bahwa hari Rabu adalah malam terbesar dalam sejarah sepakbola Malaysia.

Pertandingan yang berlangsung pada hari Rabu di Gelora Bung Karno, Jakarta, berjalan tanpa insiden, dengan pengamanan esktra ketat setelah kemarahan yang diakibatkan pertandingan sebelumnya. Panser-panser ditempatkan di luar stadion dan para ofisial Malaysia diejek ketika mereka datang untuk memeriksa lapangan.

XS
SM
MD
LG