Tautan-tautan Akses

AS

Hakim Agung AS Antonin Scalia Wafat pada Usia 79 Tahun


Hakim Agung AS Antonin Scalia (Foto: dok.)

Hakim Agung AS Antonin Scalia (Foto: dok.)

Hakim Agung Amerika Antonin Scalia, yang menduduki jabatan terlama sebagai hakim di Mahkamah Agung, meninggal dunia.

Antonin Scalia meninggal dunia dalam tidurnya dengan secara wajar dan tenang di Cibolo Creek Ranch, sebuah resor wisata di Texas selatan.

Antonin Scalia adalah hakim konservatif berusia 79 tahun. Ia ditunjuk untuk menjadi hakim di Mahkamah Agung oleh Presiden Ronald Reagan pada tahun 1986.

Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama telah menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga Scalia dan berencana membuat pernyataan yang lebih lengkap Sabtu malam waktu setempat.

Hakim Agung John Roberts, telah mengkonfirmasikan kematian Antonin Scalia, yang ia sebut sebagai "tokoh luar biasa dan ahli hukum, yang dikagumi dan dihormati oleh rekan-rekannya."

Gubernur Texas Gregg Abbott yang pertama kali mengumumkan kematian Scalia, menyebutnya sebagai "pembela gigih Konstitusi (Amerika) dan aturan-aturan hukum……sosok tegas yang menghadang begitu banyak upaya untuk mengubah dan memutarbalikan isi Konstitusi.”

Sembilan hakim menduduki jabatan di Mahkamah Agung Amerika. Kini tergantung keputusan Presiden Amerika apakah akan mencalonkan pengganti Antonin Scalia, yang memerlukan konfirmasi dari Senat. Tapi kedelapan hakim yang kini duduk di Mahkamah Agung juga dapat mengambil keputusan untuk kasus-kasus. [zb]

XS
SM
MD
LG