Tautan-tautan Akses

Gempa Dahsyat Hantam Nepal, Sedikitnya 100 Tewas


Para sukarelawan mencari korban diantara reruntuhan bangunan setelah gempa berkekuatan 7,9 menghantam Kathmandu-Nepal 25 April 2015. (AP Photo/ Niranjan Shrestha)

Para sukarelawan mencari korban diantara reruntuhan bangunan setelah gempa berkekuatan 7,9 menghantam Kathmandu-Nepal 25 April 2015. (AP Photo/ Niranjan Shrestha)

Gempa dahsyat menghantam Nepal Sabtu siang (25/4) diikuti beberapa gempa susulan yang cukup kuat. Lebih dari 100 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah.

Badan Survei Geologi Amerika menyatakan pusat gempa berkekuatan 7,9 itu terletak 81 kilometer barat laut Kathmandu, di kedalaman 11 kilometer. Gempa susulan berkekuatan 6,6 terjadi satu jam setelah gempa pertama.

Sebuah menara bersejarah yang dibangun pada abad ke-19 di Kathmandu ambruk dan beberapa laporan menyatakan sejumlah orang terperangkap di reruntuhan bangunan itu.

Gempa itu juga menimbulkan longsoran salju di Pegunungan Everest yang melukai sekitar 30 pendaki. Ang Tshering dari Nepal Mountaineering Associated mengatakan kepada Associated Press, longsoran salju itu terjadi di Khumbu Icefall, daerah dimana longsoran kerap terjadi dan sekaligus merupakan kamp sebagian besar pendaki. Rincian lainnya masih belum jelas karena komunikasi antara kamp itu dan seluruh daerah pegunungan terputus-putus.Namun Kementerian Dalam Negeri Nepal memastikan sekitar 30 pendaki luka-luka dan kini berada di kamp Khumbu Icefall itu.

Gempa itu juga terasa hingga ke bagian utara India, Lahore – Pakistan, Lhasa – Tibet dan di Bangladesh.

Stasiun televisi Tiongkok melaporkan seorang wisatawan Tiongkok tewas di perbatasan Nepal-Tiongkok. Sementara laporan televisi Bangladesh – Somoy TV – melaporkan dua orang tewas dan sekitar 100 lainnya luka-luka.

XS
SM
MD
LG