Tautan-tautan Akses

Gempa di Xinjiang, 3 Tewas, Lebih dari 70 Luka-luka


Peta provinsi Xinjiang, China.

Peta provinsi Xinjiang, China.

Gempa memicu warga berhamburan ke jalan-jalan. Tetapi belum ada laporan mengenai korban dari daerah sekitar pusat gempa yang berpenduduk jarang itu.

Gempa-bumi berkekuatan 6,5 yang mengguncang daerah bagian barat China, Xinjiang, menewaskan tiga orang, melukai 71 orang dan merubuhkan ribuan rumah, kata pejabat hari Sabtu.

Gempa tersebut melanda kabupaten Pishan di daerah Hotan, Xinjiang, Jumat pagi. Laporan sebelumnya dari media pemerintah mengatakan bahwa enam orang meninggal dunia, tetapi hari Sabtu Badan Penanggulangan Gempabumi Tiongkok memberi angka yang tewas 3 orang dan 71 orang luka-luka.

“Gedung-gedung bergetar dan orang lari ke jalan-jalan,” kata Jin Xingchang, seorang pengantar barang di kota Hotan, kira-kira 15 kilometer dari Pishan.

Pihak berwenang menaksir kerugian ekonomi akibat gempa itu paling sedikit $30 juta, kata laporan surat kabar Harian Rakyat.

Daerah Pishan yang mayoritas penduduknya Uighur Muslim itu terletak di pinggir selatan gurun Taklamakan dekat perbatasam dengan India, dan kaya sumberdaya mineral termasuk batu-bara, minyak mentah, gas alam dan batu permata.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG