Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Desak Korea Utara Membebaskan Warga AS


Gedung Putih mendesak Korea Utara Membebaskan Warga AS

Gedung Putih mendesak Korea Utara Membebaskan Warga AS

Gedung Putih mendesak Korea Utara membebaskan Merrill Newman usia 85 tahun untuk "pulang dan bergabung dengan keluarganya."

Gedung Putih menyerukan Korea Utara untuk membebaskan seorang Amerika lanjut usia dan veteran Perang Korea yang telah ditahan di Korea Utara sejak akhir Oktober.

Pernyataan Gedung Putih hari Sabtu mendesak Korea Utara untuk mengijinkan Merrill Newman, 85 tahun, yang mengidap penyakit jantung, untuk “pulang dan bergabung dengan keluarganya.”

Newman, yang berasal dari California, sedang mengunjungi Korea Utara dengan visa yang sah saat diturunkan dari pesawat tanggal 26 Oktober ketika hendak meninggalkan negara itu.

Sabtu pagi, kantor berita resmi Korea Utara KCNA mengonfirmasi negara itu telah menahan Newman. Laporan itu mengatakan Newman telah meminta maaf atas “kejahatan” semasa perang Korea, dan atas “tindakan bermusuhan” terhadap negara itu dalam kunjungannya pada bulan Oktober.

KCNA menayangkan sebuah video yang memperlihatkan Newman membacakan permohonan maaf itu keras-keras. Belum jelas apakah warga Amerika itu benar-benar menulis pernyataan itu atau apakah ia dipaksa menulisnya.
XS
SM
MD
LG