Tautan-tautan Akses

Gallup: Tingkat Kepercayaan terhadap Institusi AS Terus Turun


FILE - Bendera Amerika berkibar di luar gedung Departemen Kehakiman di Washington, 22 Maret 2019. Kepercayaan publik terhadap institusi Amerika telah menurun, menurut analisis terbaru Gallup.
FILE - Bendera Amerika berkibar di luar gedung Departemen Kehakiman di Washington, 22 Maret 2019. Kepercayaan publik terhadap institusi Amerika telah menurun, menurut analisis terbaru Gallup.

Tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah, peradilan dan militer AS telah menurun, membuat negara ini di belakang sebagian besar negara anggota kelompok tujuh negara industri maju (G7), menurut analisis baru Gallup.

Sekitar 68 persen warga Amerika kurang percaya terhadap pemerintah nasional mereka. Tingkat kepercayaan terhadap peradilan berada pada angka 42 persen.

Bahkan militer AS, yang biasanya merupakan institusi yang populer, dilaporkan mengalami penurunan kepercayaan publik, dari 90 persen pada tahun 2021 menjadi 81 persen pada tahun lalu.
G7 beranggotakan Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan AS.

Di kalangan G7, Jerman menunjukkan tingkat terendah kepercayaan publik terhadap militernya, dengan angka hampir 60persen yang menyatakan kurang percaya.

Publik Amerika tampaknya terpecah dalam masalah anggaran militer negaranya, meskipun AS membelanjakan uang lebih banyak untuk militernya dibandingkan dengan gabungan belanja militer negara-negara anggota G7 lainnya.

Sekitar 35 persen berpendapat belanja militer AS terlalu tinggi, 29 persen berpendapat terlalu rendah dan 33 persen menyatakan jumlahnya sudah tepat.

“Tidak ada bukti yang menjelaskan semua itu,” kata Benedict Vigers, seorang analis Gallup, kepada VOA. “Data ini merupakan bagian dari tren yang lebih luas di kalangan warga Amerika yang bahkan melampaui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi politik mereka.”

Para pakar mengaitkan kepercayaan publik dalam institusi pemerintahan dengan kualitas pemberian layanan publik, langkah-langkah efektif melawan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan, serta kemajuan dalam mengatasi ketimpangan pendapatan dan kekayaan.

“Efektivitas institusi publik bergantung pada kepercayaan warga dan dunia usaha,” kata Bank Dunia dalam laporannya tahun lalu.
Tingkat kepercayaan publik di berbagai lembaga Amerika semakin berkurang, tidak hanya terhadap badan-badan pemerintah.

Kepercayaan terhadap gereja dan agama lainnya terus turun, dengan 30 persen, angka rekor, warga Amerika menyatakan “sangat sedikit” yang percaya pada tahun lalu. Ini merupakan angka tertinggi sejak Gallup mulai melacak hal ini pada tahun 1973.

Terkikisnya kepercayaan juga berdampak pada media, dengan 40 persen lebih warga Amerika menyatakan tingkat kepercayaan yang sangat sedikit, khususnya terhadap surat kabar dan televisi. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG