Tautan-tautan Akses

Gagal di Senat dan DPR, Kongres Amerika dan Gedung Putih Rundingkan Isu Kenaikan Pagu utang

  • Michael Bowman

Ketua Minoritas Senat Mitch McConnell dari fraksi Republik (tengah) mengatakan ia dan Gedung Putih hampir mencapai kesepakatan yang bisa menarik dukungan kedua fraksi.

Ketua Minoritas Senat Mitch McConnell dari fraksi Republik (tengah) mengatakan ia dan Gedung Putih hampir mencapai kesepakatan yang bisa menarik dukungan kedua fraksi.

Dengan gagalnya usul-usul fraksi Republik dan fraksi Demokrat mengenai kenaikan pagu utang, sekarang perhatian beralih ke perundingan antara pemimpin Kongres dan Gedung Putih.

Muncul di televisi, Ketua Minoritas Senat Mitch McConnell dari fraksi Republik mengatakan ia dan Gedung Putih hampir mencapai kesepakatan yang bisa menarik dukungan dari kedua fraksi.

Berita itu disambut baik oleh Senator fraksi Demokrat Richard Durbin dari negara bagian Illinois. Ia mengatakan, “Perasaan saya sekarang jauh lebih positif dibanding 24 jam yang lalu.”

Durbin berbicara demikian dalam acara televisi Fox News Sunday.

Setelah beberapa bulan mengalami kemacetan, kesepakatan yang sekarang sedang disiapkan katanya menyerukan trilyunan dolar pengurangan belanja negara dalam dua tahap, dan termasuk mekanisme pelaksanaan untuk memastikan pemangkasan itu diterapkan. Unsur-unsur itu bisa memenuhi beberapa tuntutan yang sudah lama diminta fraksi Republik.

Setelah putaran pemangkasan awal, komisi bipartisan Kongres akan mengidentifikasi pengurangan belanja negara lebih jauh dan, diharapkan, mencegah terulangnya kemacetan perundingan yang menyita waktuWashington selama berbulan-bulan. Kesepakatan itu katanya bisa menjamin kesanggupan pemerintah Amerika membayar utang sampai akhir tahun depan, tuntutan utama fraksi Demokrat.

Senator fraksi Republik dari negara bagian Arizona, Jon Kyl, juga muncul di acara televisi Fox News Sunday. Ia juga menyampaikan puas dengan hasil akhir yang memaksa Pemerintah Amerika agar mengendalikan belanja anggaran.

Ia mengatakan, “Tiga bulan lalu, Presiden Barack Obama menegaskan tentang perpanjangan penentuan kenaikan pagu utang tanpa syarat. Yang pasti, kami mengusulkan sejumlah besar pengurangan belanja negara.”

Tetapi, dapatkah kesepakatan ini, jika difinalisasi, atau kesepakatan lain disetujui oleh Senat dan DPR yang secara politis terpecah dan terpolarisasi?

DPR akan menjadi penentang terbesar untuk menaikkan pagu utang. Minggu lalu DPR yang dikuasai fraksi Republik menggagalkan draft pertama usul kenaikan pagu utang yang diajukan Ketua DPR John Boehner. Kalau fraksi Republik tidak segan menggagalkan rancangan undang-undang yang diajukan ketua mereka sendiri, kesepakatan bipartisan mungkin akan sulit untuk diperoleh persetujuannya. Ketua kelompok mayoritas DPR dari fraksi Republik yang bertugas mengumpulkan suara partai, Kevin McCarthy, tidak memberi indikasi jelas.

Apabila sebuah kesepakatan tentang rancangan undang-undang pagu utang difinalisasi, dan disahkan menjadi undang-undang oleh Presiden Obama, masih harus dilihat apakah Amerika masih bisa mempertahankan peringkat kredit tertinggi. Penurunan peringkat akan mengakibatkan kenaikan suku bunga, menghantam perekonomian Amerika yang lemah, dan membuat utang menjadi lebih mahal.

XS
SM
MD
LG