Tautan-tautan Akses

Fraksi Demokrat Kecam Pemecatan Direktur FBI


Presiden AS Donald Trump (kiri) memecat James Comey dari jabatan Direktur FBI hari Selasa (9/5) kemarin. (foto: ilustrasi).

Fraksi Demokrat di Senat mengecam pemecatan Direktur FBI James Comey oleh Presiden Donald Trump dan kembali menuntut adanya jaksa khusus guna mengawasi investigasi yang sedang berlangsung mengenai Rusia. Tuntutan itu terus ditolak fraksi Republik.

Senator Demokrat Amy Klobuchar dari Minnesota mengatakan, "Pemecatan direktur FBI oleh presiden di tengah penyelidikan mengenai campur tangan Rusia dalam pemilu menimbulkan pertanyaan serius."

Beberapa anggota fraksi Republik menuduh fraksi Demokrat pura-pura sedih mengenai Comey. Menurut mereka, Demokratlah yang bereaksi marah pada masa lalu, dan beberapa bahkan meminta Comey dipecat, ketika direktur FBI itu mengumumkan dibukanya lagi penyidikan terhadap email-email Hillary Clinton kurang dari dua minggu sebelum pemilihan presiden bulan November tahun lalu.

Ketua fraksi Republik yang mayoritas di Senat, Mitch McConnell dari Kentucky berpendapat mengizinkan penyelidikan baru akan mengganggu.

Dalam undang-undang yang disahkan setelah skandal Watergate yang menyebabkan pengunduran diri Presiden Richard Nixon tahun 1974, jaksa khusus bisa ditunjuk guna menangani penyelidikan yang sensitif secara politis dan menghindari pertikaian partisan Washington.

Menurut Demokrat, tindakan Trump menunjukkan mengapa seorang jaksa khusus dibutuhkan. [ka/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG