Tautan-tautan Akses

FDA Minta Perusahaan, Restoran Kurangi Garam dalam Produk Makanan


Orang Amerika rata-rata sekarang mengkonsumsi 3.400 miligram sodium setiap hari.

Orang Amerika rata-rata sekarang mengkonsumsi 3.400 miligram sodium setiap hari.

Pengurangan sodium dalam makanan di AS dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang diperkirakan menewaskan 1.000 orang setiap hari di Amerika.

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) meminta perusahaan-perusahaan pengolahan makanan dan restoran mengurangi kadar sodium atau garam dalam makanan mereka sebanyak sepertiga dalam 10 tahun ke depan.

Rancangan pedoman yang diterbitkan Rabu (1/6) itu bersifat sukarela, tetapi FDA berharap pengurangan sodium dalam makanan di Amerika dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, atau hipertensi, yang diperkirakan menewaskan 1.000 orang setiap hari di Amerika.

"Hubungan antara konsumsi garam dan tekanan darah erat dan cukup terbukti," kata blog resmi FDA. "Tekanan darah tinggi merupakan faktor bahaya utama untuk penyakit jantung dan stroke. Ada kesepakatan yang kuat di antara dewan-dewan ahli seperti Institute of Medicine mengenai kebutuhan untuk mengurangi konsumsi garam kurang dari 2.300 miligram per hari ".

Orang Amerika rata-rata sekarang mengkonsumsi 3.400 miligram sodium setiap hari.

Masalahnya adalah tidak begitu banyak orang menaburi makanannya dengan garam, tetapi sodium berlebihan ada dalam produk makanan yang sudah jadi.

Salah satu ahli kesehatan umum kenamaan di Amerika, Dr Thomas Frieden dari Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC), menyetujui batas asupan garam dalam sebuah editorial daring yang diterbitkan Rabu oleh JAMA, The Journal of American Medical Association.

Frieden mengatakan, mengurangi 12 persen dalam diet sodium bisa mencegah 32.000 serangan jantung dan 20.000 stroke setiap tahun. [sp]

XS
SM
MD
LG