Tautan-tautan Akses

FBI Tangkap Anggota Garda Nasional Angkatan Udara dalam Kasus Kebocoran Dokumen Rahasia


Agen FBI menangkap Jack Teixeira, seorang pegawai Garda Nasional Angkatan Udara AS, di luar rumahnya di North Dighton, Massachusetts, pada 13 April 2023. (Foto: WCVB-TV via ABC via Reuters)
Agen FBI menangkap Jack Teixeira, seorang pegawai Garda Nasional Angkatan Udara AS, di luar rumahnya di North Dighton, Massachusetts, pada 13 April 2023. (Foto: WCVB-TV via ABC via Reuters)

FBI telah menangkap seorang anggota Garda Nasional Angkatan Udara AS yang berusia 21 tahun terkait dengan bocornya ratusan halaman dokumen rahasia milik pemerintah dan militer AS, ungkap otoritas penegak hukum AS pada Kamis (13/4).

Jack Teixeira, anggota sayap intelijen dari Massachussetts Air National Guard, ditangkap "tanpa perlawanan" di kediamannya di North Dighton, Massachussets, pada Kamis siang, demikian pernyataan FBI.

Dalam pernyataan singkat yang disiarkan di televisi, Jaksa Agung Merrick Garland mengatakan Teixeira ditangkap "terkait dengan investigasi atas dugaan adanya aksi tidak resmi mengenai pengungkapan, penyimpanan, dan penyebaran informasi pertahanan nasional."

"Investigasinya masih berjalan," ujar Garland. "Kami akan membagikan informasi kembali pada waktu yang tepat."

Menurut The Washington Post, Teixeira membocorkan dokumen rahasia yang mencakup informasi yang sangat sensitif tentang kemampuan militer Ukraina dan juga tentang jangkauan komunitas intelijen AS terhadap komando militer Rusia.

Teixeira dijadwalkan akan hadir dalam persidangan di pengadilan federal di Boston pada Jumat (14/4), demikian menurut salah seorang penegak hukum.

Penangkapan tersebut berlangsung saat nama Teixeira muncul sebagai tersangka utama dalam kasus tersebut dan sejumlah media AS mengidentifikasinya sebagai pemimpin dari sebuah grup percakapan virtual untuk para anak muda pemain video game di mana dokumen tersebut tersebar.

The Post mendeskripsikan Teixeira sebagai "anak muda karismatis penyuka senjata" dan "pemimpin senior" dari sebuah kelompok di platform Discord yang berisi sekitar 24 pemain video game. [jm/lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG