Tautan-tautan Akses

Eropa Kembali Fokus pada Krisis Utang Yunani

  • Priyo Pujiwasono

PM Yunani Lucas Papademos memberikan keterangan pers setelah pertemuan pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia (31/1).

PM Yunani Lucas Papademos memberikan keterangan pers setelah pertemuan pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia (31/1).

Setelah menetapkan rencana benua untuk mengendalikan anggaran pemerintah, para pemimpin Eropa sekali lagi berfokus pada kondisi keuangan Yunani yang genting.

Pemerintah Yunani, walaupun telah berunding selama beberapa minggu, masih belum mencapai kesepakatan dengan para kreditor swasta untuk memangkas utangnya sampai sebesar 130 miliar dolar, sekitar separuh dari utang negara itu kepada mereka.

Kepala negara-negara Eropa dan para pemberi pinjaman menekan Yunani agar menerapkan lebih banyak lagi kebijakan keras yang tidak popular untuk memotong defisit anggaran, tanpa perduli siapa yang akan menang dalam pemilu mendatang di Yunani.

Setelah KTT Uni Eropa di Brussels berakhir Selasa pagi, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan jalur keuangan Yunani tidak dapat berlangsung lama.

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos mengakui kesulitan besar yang dihadapi negaranya.

Yunani berusaha mencapai perjanjian dengan 32 lembaga keuangan besar terkait pengurangan utang sembari mengupayakan persetujuan Eropa untuk dana talangan baru 169 miliar dolar, yang kedua dalam dua tahun. Tanpa paket bantuan baru, pemerintah Athena akan menunggak pembayaran obligasi sebesar 19 miliar dólar pada bulan Maret.

XS
SM
MD
LG