Tautan-tautan Akses

Ekonomi Filipina Tumbuh 7,2 Persen pada 2013


Pialang saham Filipino meniup terompet di Bursa Saham Makati, Manila, menjelang akhir tahun 2013. (Foto: Dok)

Pialang saham Filipino meniup terompet di Bursa Saham Makati, Manila, menjelang akhir tahun 2013. (Foto: Dok)

Meski dilanda bencana alam, pertumbuhan ekonomi Filipina pada 2013 tercatat nomor dua terbaik di Asia setelah China dalam kuartal keempat.

Para pejabat Filipina mengatakan ekonomi negara itu tumbuh 7,2 persen selama 2013 meski menderita pukulan berat dari bencana alam topan dahsyat dan gempa bumi dalam tiga bulan terakhir tahun tersebut.

Para pejabat mengatakan pertumbuhan ekonomi Filipina adalah nomor dua terbaik di Asia setelah China dalam kuartal keempat.

Menteri Perencanaan Sosio-Ekonomi Arsenio Balisacan mengatakan Kamis (30/1), Filipina mencatat pertumbuhan Produk Domestik Bruto 6,5 persen dalam kuartal keempat.

Ia mengatakan prestasi ekonomi Filipina tadinya dapat lebih baik lagi sekiranya tidak terjadi bencana besar dan hampir sebulan pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak Muslim yang menutup sebuah kota besar di Filipina selatan.

Balisacan mengatakan sektor jasa dan industri adalah motor utama pertumbuhan yang juga didukung oleh belanja konsumen dan pemerintah yang kuat.
XS
SM
MD
LG