Tautan-tautan Akses

Ekonomi China Tumbuh 5,3 Persen di Kuartal Pertama


Kontainer pengiriman terlihat di Pelabuhan Lianyungang di Lianyungang, di Provinsi Jiangsu, China timur pada 26 Maret 2024. Ekonomi China tumbuh dalam kecepatan lebih tinggi dibanding perkiraan pada tiga bulan pertama tahun ini.(Foto: AFP)
Kontainer pengiriman terlihat di Pelabuhan Lianyungang di Lianyungang, di Provinsi Jiangsu, China timur pada 26 Maret 2024. Ekonomi China tumbuh dalam kecepatan lebih tinggi dibanding perkiraan pada tiga bulan pertama tahun ini.(Foto: AFP)

Ekonomi China tumbuh dalam kecepatan lebih tinggi dibanding perkiraan pada tiga bulan pertama tahun ini. Pencapaian itu didukung oleh kebijakan-kebijakan yang bertujuan mendorong permintaan yang tumbuh dan lebih kuat, kata pemerintah setempat pada Selasa.

Kekuatan ekonomi terbesar kedua dunia ini tumbuh pada kecepatan tahunan 5,3 persen pada Januari-Maret, mengungguli perkiraan para analis yang sebelumnya menetapkan angka 4,8 persen, data-data resmi menunjukkan. Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ekonomi tumbuh 1,6 persen.

Ekonomi China berjuang untuk pulih kembali setelah pandemi COVID 19, dengan pelemahan dalam permintaan dan krisis properti membebani pertumbuhannya.

Data yang lebih baik dari perkiraan pada Selasa ini muncul beberapa hari setelah China melaporkan bahwa nilai ekspor mereka turun 7,5 persen pada Maret, dibandingkan data tahun sebelumnya, sementara impor juga ikut melemah. Inflasi mereda, mencerminkan tekanan deflasi akibat permintaan yang kendor di tengah krisis di sektor properti.

Seorang pekerja berjalan melewati pipa baja yang dimuat ke truk di Xiongan di Provinsi Hebei, China utara pada 14 Maret 2024. (Foto: AP)
Seorang pekerja berjalan melewati pipa baja yang dimuat ke truk di Xiongan di Provinsi Hebei, China utara pada 14 Maret 2024. (Foto: AP)

Catatan industrial untuk kuartal pertama naik 6,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan penjualan ritel tumbuh dalam kecepatan tahunan 4,7 persen. Investasi tetap, di pabrik-pabrik dan peralatan, tumbuh 4,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pertumbuhan yang kuat pada Januari-Maret didukung oleh “kerja manufaktur yang luas”, pengeluaran rumah tangga yang didorong oleh perayaan liburan tahun baru Imlek dan kebijakan-kebijakan yang membantu mendorong investasi, menurut pengamat ekonomi Louise Loo dari Oxford Economics.

“Meski begitu, indikator aktivitas para Maret “secara terpisah” menunjukkan pelemahan terjadi selepas tahun baru Imlek,” kata dia.

“Kondisi permintaan eksternal juga masih tidak bisa diperkirakan, seperti terlihat dalam kinerja ekspor yang buruk pada bulan Maret,” tambahnya.

Loo mencatat bahwa pelepasan persediaan yang berlebihan, normalisasi belanja rumah tangga setelah hari libur, pendekatan yang hati-hati terhadap belanja pemerintah dan juga stimulus yang lain akan berdampak pada pertumbuhan di kuartal ini.

Pemangku kebijakan telah membuat langkah-langkah penyelamatan kebijakan pajak dan keuangan seiring upaya Beijing untuk mendorong ekonomi. China telah menetapkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang ambisius pada angka sekitar 5 persen untuk 2024.

Pertumbuhan yang tinggi semacam itu biasanya akan mendorong harga saham di seluruh kawasan itu lebih tinggi. Tetapi pada Selasa, harga-harga saham di Asia turun tajam setelah saham-saham di Wall Street melemah.

Indeks Shanghai Komposit turun 1,4 persen dan Hang Seng di Hong Kong turun 1,9 persen. Patokan untuk pasar yang lebih kecil di Shenzen, di China selatan, kehialangan 2,8 persen.

Pertumbuhan lebih kuat di kawasan dengan ekonomi terkuat ini normalnya akan dilihat sebagai hal yang positif bagi negara-negara tetangganya, yang terus menerus bergantung pada permintaan dari China untuk mendukung ekonomi mereka sendiri. Meski begitu, angka-angka pertumbuhan yang tinggi juga dilihat sebagai sinyal bahwa pemerintah akan menahan stimulus lebih lanjut. [ns/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG