Tautan-tautan Akses

Dunia Menunggu Arah Kebijakan Luar Negeri Trump


Presiden terpilih AS Donald Trump.

Presiden terpilih AS Donald Trump.

Retorika kampanye presiden terpilih Amerika Donald Trump telah menimbulkan kecemasan dan kebingungan mengenai kebijakan luar negeri yang akan ia ambil.

Selama pemilihan pendahuluan partai Republik dan pemilu menghadapi mantan menteri luar negeri Hillary Clinton, pengusaha kaya itu bersikap tidak jelas dalam beberapa isu penting, di antaranya perang melawan ISIS.

Ia bersikap konsisten dan kukuh dalam isu-isu lainnya, di antaranya menyatakan penolakan terhadap Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) yang melibatkan 12 negara, merundingkan kembali perjanjian nuklir dengan Iran dan keluar dari perjanjian iklim Paris. Semua itu merupakan program utama pemerintahan Obama.

TPP tetap penting meskipun ada berbagai laporan bahwa Gedung Putih tidak lagi meminta persetujuan Kongres, kata Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry kepada wartawan di Selandia Baru hari Minggu (13/11).

Sementara itu mengenai berbagai perjanjian iklim yang telah disepakati Amerika, Kerry menambahkan, “Kami akan menunggu bagaimana pemerintahan mendatang menangani hal ini, tetapi saya percaya kami telah berada di jalur yang tepat, dan ini adalah jalur di mana rakyat Amerika berkomitmen, karena mayoritas rakyat Amerika percaya bahwa perubahan iklim memang benar-benar terjadi dan mereka ingin kami menanganinya,” ujarnya sebelum bertolak ke Oman. [uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG