Tautan-tautan Akses

Dubes AS untuk Meksiko Mundur Setelah Pembocoran Kawat Diplomatik Oleh Wikileaks


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton

Presiden Barack Obama dan Menlu Hillary Clinton telah menerima pengunduran diri Carlos Pascual setelah pengiriman sebuah kawat diplomatik.

Duta besar Amerika untuk Meksiko telah mengundurkan diri setelah sebuah kawat diplomatik yang dikirimnya membuat marah Presiden Meksiko Felipe Calderon.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan, Sabtu, ia dan Presiden Barack Obama telah menerima pengunduran diri Carlos Pascual dengan keraguan besar. Ia mengatakan, ia telah menjadi perancang dan pendukung hubungan Amerika-Meksiko, dan telah terlibat dalam berbagai usaha untuk membantu Meksiko menjadi satu dari dua tujuan utama ekspor Amerika.

Dalam pernyataannya, Clinton mengatakan keputusan Pascual berdasarkan keinginan pribadinya sendiri untuk memastikan hubungan Amerika-Meksiko yang kuat dan menghindari isu-isu yang mungkin diangkat Presiden Felipe Calderon yang dapat mengganggu hubungan itu.

Situs WikiLeaks baru-baru ini membocorkan kawat diplomatik yang ditandatangani Pascual, yang isinya ia meragukan kemampuan pasukan keamanan Meksiko dalam memerangi kartel-kartel narkoba di sana.

Presiden Calderon, belakangan dikutip media Meksiko, marah atas komentar yang dikeluarkan Pascual.

XS
SM
MD
LG