Tautan-tautan Akses

Donor Internasional Janjikan Bantuan US$600 Juta untuk Sudan Selatan


Menteri Luar Negeri Sudan Selatan Barnaba Marial Benjamin memberikan pidato pada konferensi donor di Norwegia untuk Sudan Selatan pada Selasa (20/5).

Menteri Luar Negeri Sudan Selatan Barnaba Marial Benjamin memberikan pidato pada konferensi donor di Norwegia untuk Sudan Selatan pada Selasa (20/5).

Menlu Sudan Selatan Barnaba Benjamin menjamin pengiriman bantuan kemanusiaan secara bebas, termasuk di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

Donor-donor internasional di sebuah konferensi di Oslo, Norwegia, telah menjanjikan bantuan US$600 juta untuk Sudan Selatan, di mana menurut PBB ada empat juta orang terancam bencana kelaparan.

Jumlah yang diumumkan Selasa (20/5) itu merupakan tambahan bagi $536 juta yang telah dijanjikan sebelumnya. Menteri Luar Negeri Norwegia Boerge Brende menyebut bantuan yang dijanjikan itu signifikan dan akan menyelamatkan banyak orang.

Tetapi para pejabat PBB mengatakan jumlah tersebut masih kurang dari $1,8 miliar yang diperlukan untuk Sudan Selatan.

Pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak di sana menimbulkan masalah pengungsi yang sangat besar dan menghalangi para petani untuk bercocok tanam palawija menjelang musim hujan.

Amerika Serikat adalah donor tunggal terbesar pada konferensi itu, dengan menjanjikan bantuan $300 juta.

Menteri Luar Negeri Sudan Selatan Barnaba Benjamin mengatakan pemerintahnya akan menjamin pengiriman bantuan kemanusiaan secara bebas, termasuk di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.
XS
SM
MD
LG