Tautan-tautan Akses

Demonstrasi dengan Berdiam Diri Warnai Pergantian Tahun di Chicago


ARSIP – Polisi Chicago menampilkan ribuan senjata api ilegal yang sejauh ini telah berhasil dirampas pada tahun ini dalam sebuah perjuangan melawan kekerasan bersenjata di Chicago (7/7/2014). (foto: AP Photo/M. Spencer Green)

Unjukrasa terjadi di Chicago dengan berjalan kaki di sepanjang Michigan Avenue dimana ratusan orang tanpa mengucapkan sepatah kata pun membawa sekuntum mawar untuk setiap orang yang terbunuh tahun ini.

Ratusan orang yang membawa sekuntum mawar untuk setiap orang yang terbunuh di Chicago tahun ini berunjuk rasa dengan berjalan kaki di sepanjang Michigan Avenue, tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Sejumlah salib berukuran satu meter yang berukir nama para korban pembunuhan tampak di bawah oleh para demonstran. Kebisuan demonstrasi hari Sabtu (31/12) itu berangsur berubah ketika nama-nama mereka yang terbunuh dibacakan satu per satu dengan lantang. Pihak berwenang mengatakan lebih dari 760 orang tewas di Chicago sepanjang tahun 2016 ini.

Penyelenggara demonstrasi pendeta Michael Pfleger mengatakan ia berharap demonstrasi di sepanjang jalan utama di Chicago ini akan mengilhami orang untuk mengambil tindakan guna mengurangi aksi kekerasan pada tahun 2017. Ditambahkannya, aksi kekerasan tidak akan berakhir hingga seluruh warga kota memahami bahwa ini adalah masalah bersama. [em]

XS
SM
MD
LG