Tautan-tautan Akses

Demonstran Anti-Pemerintah Kembali Padati Jalanan Kota Bangkok


Demonstran anti-pemerintah Thailand kembali melancarkan aksi protes dan memadati jalanan kota Bangkok, Sabtu (29/3).

Demonstran anti-pemerintah Thailand kembali melancarkan aksi protes dan memadati jalanan kota Bangkok, Sabtu (29/3).

Puluhan ribu demonstran anti-pemerintah kembali turun ke jalan-jalan di ibukota Bangkok, Sabtu (29/3), dengan meniup peluit dan menghambat lalu-lintas dalam usaha mereka memaksa pengunduran diri perdana menteri Yingluck Shinawatra.

Aksi protes baru ini terjadi setelah terhenti sebentar ditengah kekhawatiran akan terjadinya bentrokan antara pendukung dan penentang perdana menteri yang sedang terjepit itu.

Penentang Yingluck telah menggunakan berbagai taktik dalam empat bulan terakhir untuk memaksa mundurnya perdana menteri itu. Demonstran telah memblokir persimpangan jalan-jalan yang penting, menduduki kantor-kantor pemerintah dan belakangan ini membangun perkemahan di Taman Lumpini sebagai markas besar protes mereka.

Aksi hari Sabtu (29/3) tersebut dimulai dengan gerak jalan mulai dari Taman Lumpini dan menyebar ke enam penjuru jalan yang berbeda untuk memaksa pemerintah menyerahkan kekuasaan kepada dewan sementara yang akan mengawasi pembaharuan dan mengatur jadwal pemilihan umum yang baru.

Kata para demonstran Yingluck hanyalah boneka kakak laki-lakinya, bekas perdana menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, setelah dituduh melakukan korupsi dan penyalah gunaan kekuasaan.
XS
SM
MD
LG