Tautan-tautan Akses

Dapur Budaya Hidupkan Kembali Memasak Secara Tradisional


Linh Nguyen mengajar teknik dasar memasak masakan tradisional Vietnam kepada mahasiswa 'Dapur Budaya' (foto: Culture Kitchen).
Linh Nguyen mengajar teknik dasar memasak masakan tradisional Vietnam kepada mahasiswa 'Dapur Budaya' (foto: Culture Kitchen).

Dahulu sebelum era internet, untuk belajar memasak kita melihat bagaimana ibu atau nenek kita memasak di dapur. Sebuah perusahaan AS mencoba menghidupkan kembali seni memasak seperti itu, agar dapat diturunkan kepada generasi berikut.

Kalau kita ingin belajar membuat lumpia Vietnam, kita selalu bisa membacanya di buku masak. Tapi, Lin Nguyen yang mengajar memasak di San Fransisco mengatakan, bahwa cara membuat lumpia tidak seperti itu. Keluarganya bahkan tidak mempunyai buku masak.

"Dalam rumah tangga orang Vietnam, tidak ada sendok ataupun cangkir-cangkir pengukur. Segalanya dilakukan dengan telapak tangan atau mangkok, dan resep masakan diwariskan turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya,” papar Nguyen.

Nguyen mengajar teknik seperti itu di Culture Kitchen atau Dapur Budaya, sebuah perusahaan yang mempekerjakan imigran generasi pertama sebagai guru-guru masak. Nguyen pindah ke Amerika semasa anak-anak pada tahun 1980-an dan belajar memasak dari ibu dan bibi-bibinya. Tidak seperti keluarga Nguyen, para guru di Dapur Budaya itu menyusun catatan resep-resep masakan itu.

Nguyen: "Kita akan mengiris bawang merah ini”.
Student: Kecil-kecil?
Nguyen: Ya, yang halus, dan empat butir bawang putih”.

Mereka juga memusatkan perhatian pada tradisi komunikasi langsung memperagakan bagaimana seharusnya rasa atau tampilan hidangan itu, dan menjawab semua pertanyaan yang muncul , seperti apakah lumpia yang sudah digulung dengan rapi.

Jennifer Lopez ikut mendirikan Culture Kitchen itu satu setengah tahun lalu, bersama mitra usahanya, Abby Sturges. Dia mencoba menemukan orang yang pandai memasak, tapi tidak biasa mengajar, karena hambatan bahasa atau kurang pendidikan formal. Lopez menghubungi kelompok-kelompok masyarakat dan juga mendapat bantuan dari sumber yang tak disangka.

"Banyak juru masak kami, bukan mereka yang menghubungi kami, tapi anak laki-laki dan perempuan mereka yang mengirim email kapada kami dan mengatakan, “Ibu atau nenek saya membuat masakan paling enak. Dia agak takut, saya katakan kepadanya dia harus memperlihatkan keahliannya memasak, dan itu merupakan saat yang sangat menarik”.

Memasak pho, masakan tradisional Vietnam. Seni memasak secara tradisional memiliki penggemar sendiri di Amerika (foto: dok).
Memasak pho, masakan tradisional Vietnam. Seni memasak secara tradisional memiliki penggemar sendiri di Amerika (foto: dok).
Culture Kitchen mengadakan kursus masak dua kali sebulan, sering kali diselenggarakan di dapur yang dipinjamkan atau di balai pertemuan masyarakat. Lopez berharap, segera mendapat tempat tetap. Masakan yang diajarkan dari Bengali sampai Peru dan Afganistan.

Tidak peduli masakan dari negara mana di dunia ini, mengajar secara langsung selalu lebih berhasil. Siswa Laurie Mun belajar langsung memasak makanan Vietnam. Dia mengatakan, begitulah dia berhasil menguasai masak masakan Kanton, lewat peragaan langsung. Kata Mun, kakeknya sangat kritis dengan cita rasa masakannya, selalu ada saja yang kurang.

Meskipun mendapat nilai yang kurang bagus, Mun berterima kasih mendapat kesempatan belajar menjadi jurumasak yang baik. Kursus-kursus di Culture Kitchen itu tidak sekedar mencegah resep-resep itu punah. Jennifer Lopez mengatakan, peluang mengajar juga meningkatkan rasa percaya diri ahli-ahli masak.

“Banyak perempuan yang bekerja bersama kami tidak punya teman di luar lingkungan budaya mereka. Jadi, ini kesempatan untuk berbagi resep masakan mereka ke kelompok yang lebih luas. Benar-benar luar biasa menyaksikan beberapa jurumasak itu berubah dan tampil dengan rasa percaya diri yang besar.”

Kini mereka adalah guru masak – orang dengan ketrampilan tradisional yang penting, yang siap membagi keahlian mereka dengan murid-murid yang ingin menguasai ketrampilan memasak seperti bagaimana tradisi telah mengajarkan mereka.
XS
SM
MD
LG