Tautan-tautan Akses

AS

‘Crop Circles’ Muncul di Ladang Gandum AS


Lingkaran misterius di ladang gandum dekat Wilbur, Washington pada 30/7. (Foto: AP/The Wilbur Register)

Lingkaran misterius di ladang gandum dekat Wilbur, Washington pada 30/7. (Foto: AP/The Wilbur Register)

Lingkaran misterius yang disebut ‘crop circle’ muncul di ladang gandum sebelah timur Washington, tidak jauh dari pembangkit listrik tenaga air terbesar di AS. Para petani di daerah tersebut yang sedang bersiap panen musim panas mengatakan fenomena tersebut cukup menghibur dan tidak berbahaya.

“Tidak ada yang bisa kami lakukan selain menertawakannya,” ujar Cindy Geib, yang memiliki ladang bersama dengan suaminya, Greg. “Kami jadi mengikuti teori mengenai mahluk luar angkasa dan merasa spesial karena mereka memilih ladang kami.”

Kawan-kawan pasangan Geibs memberitahu mereka pada 24/7 ketika pola gandum yang seperti terlindas terlihat di Highway 174, sekitar lima mil ke arah utara kota Wilbur. Ladang tersebut terletak sekitar 10 mil selatan bendungan Grand Coulee, yang menurut Biro Reklamasi merupakan penghasil listrik tenaga air terbesar di Amerika Serikat.

Lingkaran-lingkaran tersebut terlihat seperti daun semanggi berkelopak empat dan mengingatkan Cindy Geib pada telinga Mickey Mouse. Desainnya melibas sekitar satu hektar tanaman gandum mereka. Sebagian tanaman tersebut bisa diselamatkan saat panen dimulai dalam satu atau dua minggu, ujar Geib, namun sebagian lagi rusak.

“Tentu saja kami tidak memiliki asuransi mahluk luar angkasa,” ujarnya.

Lingkaran misterius telah menjadi fenomena yang mendunia selama berdekade lamanya, dan kali ini bukan peristiwa pertama yang terjadi di Lincoln County. Pola lingkaran serupa ditemukan di daerah Wilbur pada 2010 dan 2008 atau 2009, kata Geib.

Lynne Brougher, pejabat urusan publik untuk bendungan Grand Coulee, mengatakan ia belum mendengar adanya lingkaran misterius terbaru namun yang terjadi sebelumnya tidak menyebabkan bahaya apapun.

“Ini fenomena yang sangat tidak biasa. Yang saya ingat dari dua tahun yang lalu, tidak ada penjelasan bagaimana lingkaran itu bisa terjadi,” ujar Brougher.

Meski demikian, tambahnya, “hal ini bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan.”
Lingkaran misterius terkini tersebut pertama kali dilaporkan pada Selasa (31/7) oleh stasiun radio KHQ-TV di Spokane. Tidak ada tanda-tanda adanya orang yang berjalan ke dalam ladang tersebut.

“Kami mencoba mengira-ngira bagaimana mereka dapat keluar tanpa mematahkan gandum. Sulit berjalan di antara gandum yang yang renyah tanpa menghancurkannya,” ujar Geib. “Pada saat yang sama, tidak dapat dibayangkan bahwa yang melakukannya adalah mahluk luar angkasa. Ini fenomena yang aneh untuk dicerna otak kita.”

Menantu Geib, Kelly Geib, mengatakan bahwa lingkaran misterius tersebut memberikan keluarga mereka sesuatu untuk dipikirkan dan tertawa.

“Anak-anak mengatakan bahwa mahluk luar angkasa telah datang, dan kami senang-senang saja membuat mereka percaya hal tersebut,” ujarnya. (AP/Doug Esser)
XS
SM
MD
LG