Tautan-tautan Akses

Cegah Kebocoran, Limbah Beracun akan Dikeluarkan dari Kapal USS Yorktown


Kapal USS Yorktown yang dijadikan museum di Charleston, South Carolina menyimpan senyawa kimia beracun yang mebahayakan lingkungan (foto: dok).
Kapal USS Yorktown yang dijadikan museum di Charleston, South Carolina menyimpan senyawa kimia beracun yang mebahayakan lingkungan (foto: dok).

Siapa sangka jika sebuah kapal yang sudah bersandar di pelabuhan selama hampir 50 tahun dan menjadi museum terkenal, ternyata menyimpan senyawa kimia, yang jika bocor dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang tidak kecil. Itulah yang terjadi di kapal USS Yorktown di South Carolina.

Pihak berwenang di negara bagian South Carolina sedang bersiap mengeluarkan lebih dari 1,2 juta gallon limbah beracun dari sebuah kapal era Perang Dunia II, USS Yorktown, yang berlabuh di Pelabuhan Charleston. Upaya bernilai US$18 juta ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran di kapal tersebut.

Kapal ini merupakan salah satu persinggahan turis paling terkenal di negara bagian itu selama hampir 55 tahun. Tetapi obyek wisata itu dinilai dapat mencemari perairan di sekitarnya jika minyak bumi dan senyawa kimia lain yang ada di tangki-tangki minyak di dalam kapal itu bocor.

Panglima di Kapal USS Yorktown, Jendral Henry McMaster, mengakui bahwa mereka terlambat menyadari masalah ini, mengingat kapal tempur tersebut sudah berada di sana sejak tahun 1975.

“Tidak ada lagi waktu satu menit pun untuk disia-siakan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Kita tidak bisa meramalkan kapan bencana akan terjadi. Tepatnya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Dan kita, tidak dapat membayangkan kerusakan yang akan terjadi pada pantai-pantai yang indah ini, mulai dari Mount Pleasant, Sullivan's dan Isle of Palms, hingga ke Kiawah dan Folly Beach, semua yang ada di antara pantai-pantai itu, termasuk pelabuhan, ikan, burung, satwa liar, dan warga yang berjalan-jalan di pantai. (Jika bencana itu sampai terjadi) Anda harus memakai sepatu bot agar tidak terpapar racun. Kami tidak bisa membiarkan hal itu terjadi."

Kapal USS Yorktown di Charleston, South Carolina kini difungsikan menjadi museum "Patriots Point Naval & Maritime" (foto: dok).
Kapal USS Yorktown di Charleston, South Carolina kini difungsikan menjadi museum "Patriots Point Naval & Maritime" (foto: dok).

Lebih lanjut, McMaster memaparkan bahwa kapal ini sebenarnya bukan kapal asli Yorktown.

"Ini bukan kapal Yorktown yang asli karena kapal yang asli sudah tenggelam di sebuah pertempuran. Sebuah kapal yang sedang dibangun dan semula akan dinamakan Bonhomme Richard, diganti namanya menjadi Yorktown. Kapal ini bertugas di Pasifik dan terlibat dalam 11 pertempuran atau lebih, yang berakhir pada tahun 1975. Sejak saat itu, kapal ini berlabuh di sini dan menjadi daya tarik serta pengingat sejarah kami. Kami tahu kapal ini akan atau bahkan sudah bocor.”

Kapal USS Yorktown dinonaktifkan tak lama setelah perang berakhir, tetapi kemudian dimodernisasi dan dioperasikan kembali pada bulan Februari 1953 untuk terlibat dalam beberapa perang, antara lain Perang Korea dan Perang Vietnam. Kapal ini benar-benar dinonaktifkan pada tahun 1970 dan lima tahun kemudian dijadikan kapal museum di Patriots Point, Mount Pleasant, South Carolina sebagai salah satu landmark atau tonggak bersejarah nasional Amerika. [em/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG