Tautan-tautan Akses

Bunga Bangkai Kembar Mekar di Florida


Para pengunjung memotret bunga bangkai di Taman Botani Marie Selby di Sarasota, Florida (21/6). (Reuters/Marie Selby Botanical Gardens)

Para pengunjung memotret bunga bangkai di Taman Botani Marie Selby di Sarasota, Florida (21/6). (Reuters/Marie Selby Botanical Gardens)

Di Florida, bunga yang mekar lebih awal dari jadwal itu dikunjungi hampir 2.000 pengunjung, atau empat kali lipat jumlah biasa.

Bunga bangkai kembar yang merekah sambil menyebarkan bau busuk menarik turis seperti lalat dalam apa yang disebut ahli sebagai gerhana bulan dalam dunia botani.

Di tempat aslinya saja, Indonesia, bunga bangkai ini jarang bisa terlihat mekar, tapi dua bunga tersebut mekar dalam selang beberapa hari di Marie Selby Botanical Gardens di Sarasota, Florida.

Bunga berwarna kuning ini dapat mencapai tinggi 3 meter dan menyebarkan bau busuk seperti bangkai untuk menarik lalat dan kumbang. Semangat untuk melihat bunga hanya berlangsung 48 jam sebelum bunga menutup kembali, dan biasanya tidak mekar lagi sampai bertahun-tahun.

Di taman-taman botani di seluruh Amerika Utara, dalam setahun biasanya ada empat tanaman bernama latin Amorphophallus titanum yang mekar. Selain di Florida, taman botani di Honolulu, Hawaii juga diperkirakan akan mendapatkan lebih dari satu bunga yang mekar.

Di Florida, bunga yang dinamai Seymour itu mekar lebih awal dari jadwal. Hampir 2.000 pengunjung datang untuk melihat bunga setinggi 2 meter itu, atau empat kali dari jumlah pengunjung biasa. (Reuters)
XS
SM
MD
LG