Tautan-tautan Akses

Bom Truk Tewaskan 17 Orang di Irak


Warga Irak berkumpul di lokasi serangan bom mobil di distrik al-Shaab, Baghdad (28/8).

Warga Irak berkumpul di lokasi serangan bom mobil di distrik al-Shaab, Baghdad (28/8).

Sebuah bom truk menghantam pasar yang ramai di ibukota Irak hari Kamis, menewaskan sedikitnya 17 orang dan melukai puluhan lainnya.

Serangan di Samarra – kota berpenduduk mayoritas Muslim Sunni sekitar 100 kilometer arah utara dari Baghdad – dan pemboman terpisah yang menewaskan sedikitnya enam orang di pinggiran kota Baghdad – adalah yang terbaru dalam gelombang serangan sektarian tahun ini.

Pemboman Kamis malam menghantam pasar Samarra, pasar bahan kebutuhan sehari-hari terbesar di kota itu, ketika para pembeli berusaha memanfaatkan penurunan harga barang-barang menjelang pasar tutup.

Sedikitnya 75 orang tewas dan lebih dari 200 lainnya luka-luka hari Rabu dalam gelombang pemboman dan penembakan di seluruh pelosok Irak.

Para analis mengatakan negara itu tampaknya tergelincir kembali ke arah perang saudara, sementara militan Sunni terkait al-Qaida semakin menggencarkan serangan mematikan terhadap sasaran-sasaran Syiah hampir setiap hari.

PBB mengatakan hampir 4.000 orang tewas tahun ini, sebagian besar sejak April, ketika pasukan pemerintah pimpinan-Syiah membubarkan perkemahan pemrotes Sunni di utara Baghdad.
XS
SM
MD
LG