Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil di Kurdistan Irak, 4 Tewas


Pasukan keamanan Kurdi memeriksa lokasi bom mobil di Irbil, ibukota provinsi Kurdistan, Irak hari Rabu (19/11).

Pasukan keamanan Kurdi memeriksa lokasi bom mobil di Irbil, ibukota provinsi Kurdistan, Irak hari Rabu (19/11).

Seorang pengebom bunuh diri dengan menggunakan kendaraan menyerang ibukota wilayah Kurdistan di Irak Utara, menewaskan sedikitnya empat orang Rabu (19/11).

Ledakan hari Rabu di Irbil itu terjadi dekat sebuah kompleks gedung pemerintah dan mengakibatkan mobil-mobil terbakar dan puing-puing berserakan di jalan. Selain 4 orang yang tewas, sedikitnya 29 orang lainnya luka-luka akibat ledakan itu.

Belum ada yang segera mengaku bertanggungjawab atas serangan itu.

Pasukan Irak dan para pejuang peshmerga Kurdi sedang memerangi kelompok militan Negara Islam (ISIS), yang merebut banyak wilayah di Irak utara dan barat sebelumnya tahun ini.

Pemboman dengan menggunakan mobil sering terjadi di wilayah-wilayah seperti ibukota Irak, Baghdad, namun sangat jarang terjadi di wilayah Kurdistan. Pemboman hari Rabu itu merupakan yang terburuk di kawasan itu sejak September tahun lalu.

Irak mengalami peningkatan kekerasan dalam jumlah besar pada 2014. Data dari Misi PBB di Irak menunjukkan, lebih dari 13 ribu warga sipil dan tentara tewas hingga akhir Oktober tahun ini peningkatan 75 persen dari periode yang sama pada 2013.

XS
SM
MD
LG