Tautan-tautan Akses

Blinken akan Fokus Membahas Dukungan China untuk Rusia Dalam Lawatan G7


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menghadiri pertemuan virtual dengan para pemimpin negara-negara G7 dari Gedung Putih di Washington, pada 14 April 2024. (Foto: The White House/Handout via Reuters)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menghadiri pertemuan virtual dengan para pemimpin negara-negara G7 dari Gedung Putih di Washington, pada 14 April 2024. (Foto: The White House/Handout via Reuters)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berangkat menuju Capri, Italia, pada Selasa (16/4) malam untuk menghadiri pertemuan para menteri luar negeri dari Kelompok G7, di mana ia akan mengemukakan kekhawatiran Washington tentang dukungan China untuk basis industri pertahanan Rusia, demikian ungkap Departemen Luar Negeri AS.

Blinken juga akan membicarakan isu tersebut dalam kunjungannya ke China yang telah direncanakan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan kepada reporter pada Selasa bahwa dalam beberapa bulan terakhir, AS telah mengamati sejumlah material telah dikirimkan dari China menuju Rusia. Rusia menggunakan material tersebut untuk membangun kembali basis industri pertahanannya dan memproduksi senjata yang digunakan dalam medan pertempuran di Ukraina.

“Kami sangat khawatir akan hal itu,” kata Miller.

Washington telah sejak lama mengungkapkan kekhawatirannya terkait dengan tindakan China yang mendukung perang Rusia di Ukraina, kata sejumlah pejabat AS. Hal tersebut termasuk tidak hanya dukungan militer langsung tetapi juga langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan China dalam memulihkan basis industri pertahanan Rusia.

“Menteri merencanakan perjalanan ke China dalam beberapa minggu mendatang” ujar Miller. “Itu merupakan isu yang kemungkinan ia akan biacarakan.”

Situasi Ukraina

Sementara itu, militer Ukraina mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya telah menghancurkan tujuh pesawat nirawak yang digunakan Rusia dalam serangan pada malam sebelumnya. Serangan tersebut menargetkan sejumlah wilayah di Ukraina.

Angkatan Udara Ukraina mengatakan penyadapan berlangsung di wilayah Kherson, Mykolaiv, Khmelnytskyi, Poltava, Cherkasy dan Dnipropetrovsk.

Tidak ada laporan mengenai kerusakan atau korban luka dari jatuhnya puing-puing drone tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyerukan kepada sekutu Bartanya pada Senin (15/4) untuk bersatu membantu Ukraina seperti dukungan yang mereka tunjukkan terhadap Israel ketika mereka berhasil menggagalkan serangan Iran. [jm/lt/rs]

Sejumlah informasi dalam laporan ini berasal dari Reuters, The Associated Press dan Agence France-Presse.

Forum

XS
SM
MD
LG