Tautan-tautan Akses

Bila Tak Patuhi Hukum, Google Diminta Tinggalkan Tiongkok


Penelusuran dengan Google dalam bahasa Tiongkok.

Penelusuran dengan Google dalam bahasa Tiongkok.

Di Beijing, Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi Li Yizhong mengatakan Google harus mematuhi hukum Tiongkok jika ingin tetap berbisnis di sana.

Dalam jumpa pers di Beijing hari Jumat, Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi Li Yizhong mempersilakan Google, tetap di Tiongkok bila perusahaan raksasa internet itu menginginkan demikian, namun Google harus mematuhi hukum Tiongkok.

Pernyataan Li disampaikan setelah Google pada bulan Januari mengumumkan sedang berpikir keluar dari pasar Tiongkok karena hukum penyensoran di negara itu dan masalah keamanan dunia maya.

Hari Rabu di Washington, Wakil Presiden Google Nicole Wong di depan komite Kongres Amerika mengungkapkan masalah Google dengan persyaratan pemerintah Tiongkok dalam menyensor hasil pencarian internet.

Menteri Li mengatakan apakah Google memilih untuk bertahan atau pergi, internet Tiongkok akan terus tumbuh dan berkembang. Ia menambahkan Google dipersilakan tetap di negara itu, asalkan mematuhi hukum dan peraturan Tiongkok.

Li mengatakan Google saat ini mempunyai pangsa pasar mesin pencari lebih dari 30 persen di Tiongkok.

XS
SM
MD
LG