Tautan-tautan Akses

Biden, Erdogan Bahas Perubahan Rezim


Wakil Presiden AS Joe Biden, kiri, bertemu dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan di Istana Beylerbeyi di Istambul, 22 November 2014.

Wakil Presiden AS Joe Biden, kiri, bertemu dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan di Istana Beylerbeyi di Istambul, 22 November 2014.

Wapres Amerika Joe Biden mengatakan, ia dan presiden Turki Recep Tayip Erdogan telah membahas sebuah transisi kekuasaan di Suriah untuk menggantikan rezim Bashar al-Asad.

Biden mengatakan kepada wartawan, Sabtu (22/11), bahwa ia dan Erdogan membahas isu ini selama pertemuan empat jam. Katanya, mereka juga berbicara mengenai usaha mencegah militan ISIS memperoleh tempat berlindung di Irak dan Suriah.

Di masa lalu, Erdogan bersikeras bahwa jika Amerika ingin memperoleh bantuan Turki, maka fokusnya harus lebih ditujukan pada penggulingan rezim Asad dan bukan pada perlawanan terhadap ISIS. Pada Sabtu, ia mengatakan, Turki akan terus bekerja sama dengan Amerika, dan menyebut lawatan Biden sangat bermakna.

Biden mengatakan Amerika akan terus membantu Turki mengatasi krisis kemanusiaan akibat membanjirnya pengungsi Suriah yang diperkirakan mencapai 1,6 juta orang ke kamp pengungsi di Turki.

Sementara itu Gedung Putih mengumumkan, Amerika akan memberikan tambahan bantuan kemanusiaan senilai 135 juta dolar guna membantu Turki dan negara-negara lain menangani pengungsi yang melarikan diri dari Suriah.

Kebanyakan pendanaan ini akan dialokasikan ke Program Pangan Sedunia, untuk digunakan sebagai bantuan pangan bagi para pengungsi. Hampir 11 juta dolar dari dana itu akan diarahkan pada Program Pangan Sedunia di Turki.

XS
SM
MD
LG