Tautan-tautan Akses

Beyonce Diduga Lip-Sync Saat Bernyanyi pada Pelantikan Obama


Presiden Barack Obama dan Senator Charles Schumer mendengarkan penyanyi Beyonce membawakan lagu kebangsaan pada upacara pelantikan Obama (21/1). (Foto: Reuters)
Presiden Barack Obama dan Senator Charles Schumer mendengarkan penyanyi Beyonce membawakan lagu kebangsaan pada upacara pelantikan Obama (21/1). (Foto: Reuters)

Penyanyi Beyonce diduga "lip-synch" atau bernyanyi dengan suara yang sudah direkam sebelumnya pada pelantikan Presiden Barack Obama.

Penyanyi pemenang Grammy Beyonce Knowles-Carter tutup mulut pada Selasa (22/1) meski media mencecarnya untuk mengetahui apakah ia melakukan “lip-synch” dan menyanyi dengan suara yang sudah direkam sebelumnya, atau tampil langsung saat membawakan lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star-Spangled Banner" pada pelantikan Presiden Barack Obama.

Seorang juru bicara band marinir yang mengiringi Beyonce mengatakan bahwa Beyonce “memutuskan pada menit terakhir untuk bernyanyi dengan musik yang sudah direkam sebelumnya”, jadi tidak tampil langsung.

Namun band itu kemudian menarik kembali pernyataannya, dengan mengatakan “tidak ada seorang pun dalam Band Marinir yang memiliki posisi untuk menilai apakah penampilannya langsung atau direkam terlebih dahulu.”

Menurut band tersebut, Beyonce tidak memiliki waktu untuk berlatih bersama band sebelum inaugurasi Senin “sehingga diputuskanlah bahwa penampilan langsung dengan band tidak disarankan untuk acara sekaliber itu.”

“Setiap potongan musik yang dijadwalkan untuk pertunjukan pada inaugurasi direkam terlebih dahulu kalau-kalau suhu bertambah dingin, peralatan rusak atau situasi lain,” ujar band tersebut.

Beyonce tidak mau berkomentar. Sementara itu, penyanyi Kelly Clarkson maupun James Taylor, yang juga tampil dalam upacara pelantikan, bernyanyi secara langsung, menurut para perwakilan mereka.

Beyonce bukan artis pertama yang tampil secara lip-sync. Musisi klasik Yo-Yo Ma, Itzhak Perlman dan dua orang lainnya bermain diiringi musik yang sudah direkam sebelumnya pada pelantikan Obama pada 2009, karena suhu dingin dan angin menaikkan risiko senar rusak dan nada melengking.

Madonna bernyanyi lip-sync pada pertandingan sepakbola Super Bowl 2012, demikian juga almarhum Whitney Houston pada Super Bowl 1991.

Beyonce dijadwalkan tampil di Super Bowl bulan depan. (AP/Reuters)
XS
SM
MD
LG