Tautan-tautan Akses

Berbagai Kontroversi soal Uber di Seluruh Dunia

  • Associated Press

Polisi anti huru-hara berdiri di samping kendaraan yang dijungkirbalikkan dalam sebuah demonstrasi supir taksi, Kamis, di Paris, Perancis.

Polisi anti huru-hara berdiri di samping kendaraan yang dijungkirbalikkan dalam sebuah demonstrasi supir taksi, Kamis, di Paris, Perancis.

Para supir taksi di Perancis melangsungkan aksi mogok, Kamis (25/6), menghancurkan jendela-jendela mobil, membakar roda-roda kendaraan dan memblokir arus lalu lintas sebagai aksi protes terhadap layanan taksi dengan aplikasi online Uber. Walaupun UU yang diloloskan Oktober lalu melarang layanan taksi hemat UberPop, supir-supirnya masih terus menarik penumpang di Perancis.

Para pengemudi taksi mengatakan Uber dengan tidak adil mengambil pangsa pasar mereka, sementara Uber mengatakan ini hanya sebuah gejala dari pasar yang tidak tersusun dengan baik. Tapi tidak ada yang hitam dan putih. Pengadilan Kasasi Perancis memerintahkan peninjauan kembali terhadap bahasa yang digunakan dalam UU tersebut, dan direktur Uber Perancis Thibaud Simphal mengatakan perusahaannya akan mempertarungkan keputusan pengadilan Perancis.

Sebuah taksi di kota Paris ikut parkir membentuk blokade di jalanan kota Paris, Kamis (25/6)

Sebuah taksi di kota Paris ikut parkir membentuk blokade di jalanan kota Paris, Kamis (25/6)

Tak hanya di Perancis, Uber juga mengundang kontroversi di berbagai negara:

Spanyol

Seorang hakim di Desember memerintahkan penghentian sementara layanan Uber di Spanyol, mengatakan Uber menciptakan persaingan yang tidak adil. Hakim pengadilan niaga di Madrid mengatakan dalam keputusan awalnya bahwa supir-supir Uber tidak memiliki izin yang cukup untuk membawa penumpang di Spanyol. Moratorium ini diajukan oleh Asosiasi Taksi di Madrid. Beberapa hari kemudian, Uber menutup operasinya di Spanyol untuk sementara waktu. Pekan lalu, seorang hakim di Barcelona meminta bantuan kepada Pengadilan Eropa di Luxembourg dalam mengambil keputusan apakah Uber harus mematuhi peraturan transportasi ataukah Uber dapat diregulasi sebagai sebuah perusahaan layanan informasi. Pengguna Uber menggunakan aplikasi di ponsel mereka untuk memanggil kendaraan Uber.

Belanda

Sebuah pengadilan di Belanda menyatakan dalam keputusan awal bahwa Uber harus menghentikan layanan UberPop yang menggunakan supir-supir yang menarik pembayaran tanpa memiliki izin taksi. Menteri Transportasi Belanda Wilma Mansveld melonggarkan peraturan untuk taksi di bulan Mei untuk mempermudah layanan baru memasuki pasar, tapi layanan UberPop tetap dilarang. Menurut Mansveld, kendaraan yang digunakan UberPop tidak memenuhi kriteria untuk disebut sebagai taksi di bawah hukum Belanda. "Memberikan perkecualian untuk UberPop akan menguntungkan sebagian pihak dan membuat persaingan menjadi tidak adil," kata Mansveld.

China

Di bulan Januari, pemerintah China melarang pengemudi kendaraan pribadi untuk menawarkan layanan melalui aplikasi pemanggil taksi. Di musim semi, polisi menggerebek kantor Uber di Guangzhou di sebelah selatan China, menyita ribuan iPhone dan peralatan-peralatan lain yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Komisi transportasi di Guangzhou mengatakan mereka mencurigai Uber mengoperasikan layanan taksi ilegal tanpa memiliki izin bisnis yang layak.

India

Polisi New Delhi mengatakan ada kemungkinan tuntutan kriminal terhadap perusahaan ini jika polisi menemukan bukti bahwa Uber memberikan informasi yang tidak akurat mengenai keselamatan layanannya. Seorang pejabat tinggi pemerintah telah meminta agar Uber dilarang di seluruh India setelah salah seorang pengemudinya dituduh memperkosa seorang penumpang perempuan.

Meksiko

RIbuan pengemudi taksi menggelar protes di Mexico City di bulan Mei, meneriakkan "Uber Keluar!" dan menuntut pemerintah kota untuk melarang layanan ini. Para supir taksi mengatakan Uber dan berbagai layanan sejenis menghindar dari kewajiban membayar pajak, menolak untuk mendaftarkan layanannya dan mematuhi hukum keselamatan yang berlaku bagi taksi. Uber merespon di blognya dengan menawarkan penumpang di Mexico City layanan gratis.

Amerika Serikat

Di bulan April, seorang pengemudi Uber dengan izin membawa senjata melepaskan tembakan ke arah seorang pria yang menembak sekelompok pejalan kaki di Chicago. Transkrip pengadilan menunjukkan pria tersebut menembak para pejalan kaki yang berjalan di depan kendaraan Uber, dan supri Uber menembak pria bersenjata tersebut. Di bulan Juni, Uber melarang pengemudi maupun penumpangnya membawa senjata api.

Komisi Tenaga Kerja California memutuskan bulan ini bahwa pengemudi Uber harus diperlakukan sebagai pegawai sebuah perusahaan, bukan kontraktor independen. Keputusan ini dapat berdampak dalam jangka panjang terhadap model usaha Uber dan regulasi terhadap layanan ini.

Di San Francisco, seorang supir Uber dituduh menabrak dan mengakibat cidera serius terhadap seorang pengendara sepeda dan ditahan di bulan April.

Seluruh Dunia

Di bulan Maret, lembaga PBB bagi urusan perempuan mengundurkan diri dari kemitraan dengan Uber yang telah berjanji akan menciptakan pekerjaan bagi 1 juta pengemudi perempuan pada 2020 setelah diprotes oleh serikat-serikat perdagangan dan berbagai organisasi masyarakat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG