Tautan-tautan Akses

Belum Jelas Tujuan Kapal Bantuan untuk Gaza


Sebelumnya, kapal ini disebut berlayar ke Mesir, tapi yayasan amal penyewa kapal menyebut kapal menuju Gaza.

Sebuah kapal yang membawa bantuan makanan dan obat-obatan ke Jalur Gaza mulai berlayar dari Yunani pada hari Sabtu, meskipun tujuan akhir belum jelas.

Para pejabat Israel dan Yunani mengatakan kapal itu sekarang berlayar ke pelabuhan El-Arish di Mesir, setelah melalui diskusi diplomatik.

Tapi Ahmad Tibi, warga Palestina anggota parlemen Israel, mengatakan kapal masih menuju Gaza. Seorang pejabat dari yayasan amal yang menyewa kapal itu, Youssef Sawan, juga mengatakan kapal tersebut menuju Gaza.

Kapal bantuan ini disponsori oleh yayasan amal yang dipimpin oleh putra pemimpin Libya Moammar Gadhafi. Kapal itu dikatakan membawa 2.000 ton makanan dan obat-obatan.

Kapal berbendera Moldova ini semula diperkirakan akan menentang embargo Israel terhadap wilayah yang diperintah oleh Hamas.

Israel memicu kemarahan internasional pada bulan Mei, ketika pasukan komandonya mencegat iring-iringan kapal bantuan di Laut Mediterania yang mencoba mendobrak blokade Israel terhadap wilayah Gaza yang diperintah oleh Hamas.

XS
SM
MD
LG