Tautan-tautan Akses

Beberapa Negara Berlakukan UU baru di Tahun Baru


Latvia menjadi negara ke 18 yang menggunakan mata uang euro mulai hari Rabu (1/1).

Latvia menjadi negara ke 18 yang menggunakan mata uang euro mulai hari Rabu (1/1).

Latvia menjadi negara ke 18 yang menggunakan mata uang euro hari Rabu (1/1), sementara Inggris mengatakan kini sah menjadi seorang atheis.

UU baru mulai berlaku di seluruh dunia pada tahun baru 2014, sebagian berdampak pada seluruh negara sementara yang lainnya hanya di lingkungan masyarakat yang memberlakukannya.

Latvia menjadi negara ke 18 yang menggunakan mata uang euro hari Rabu (1/1) sementara negara itu berusaha menjauhkan diri dari masa lalunya sebagai bagian dari Soviet. Warga Latvia segera bisa menggunakan euro juga lat, mata uangnya sendiri sampai pertengahan Januari.

Negara-negara lain juga memberlakukan perubahan berskala nasional. Di Swiss para pengemudi harus tetap menyalakan lampu, bahkan di siang hari sekalipun, sementara Inggris mengatakan kini sah menjadi seorang atheis.

Kanada melarang bola lampu pijar, sementara Botswana melarang perburuan gajah.

China mempermudah warganya berkunjung ke Taiwan.

Polisi Perancis punya kode perilaku baru yang mewajibkan mereka lebih bersikap hormat. Hungaria menyediakan makam dan peti mati atau guci abu bagi warga miskinnya yang meninggal.

Di Amerika, Colorado akan menjadi negara pertama yang mengijinkan penjualan ganja untuk rekreasi, sementara negara bagian barat lainnya, Oregon melarang merokok di dalam mobil yang membawa anak-anak. Kelompok pramuka laki-laki mengatakan akan mulai menerima anggota gay dan tidak lagi mendepak mereka keluar seperti yang dilakukan sebelumnya.

Jutaan warga Amerika akan mempunyai tanggungan asuransi kesehatan baru ketika reformasi asuransi kesehatan nasional Presiden Barack Obama berlaku penuh setelah berbulan-bulan mengalami kesulitan dan sampai sekarang belum sepenuhnya teratasi.
XS
SM
MD
LG