Tautan-tautan Akses

Buku dan Tokoh Film Ilhami Pemberian Nama Bayi di AS


Menurut Babycenter.com, Aiden adalah nama terpopuler untuk bayi laki-laki tahun ini.
Menurut Babycenter.com, Aiden adalah nama terpopuler untuk bayi laki-laki tahun ini.

Pasangan Amerika banyak mendapat inspirasi dari buku-buku laris dan tokoh film ketika menentukan nama bayi dalam tahun-tahun terakhir ini.

Kemungkinan besar bayi-bayi yang dilahirkan di Amerika tahun 2010 diberi nama Bella atau Edward. Kedua nama itu termasuk di antara 10 nama yang paling populer masing-masing untuk anak perempuan dan laki-laki. Bukan kebetulan, nama itu juga adalah nama tokoh-tokoh utama pada serial novel percintaan dan film mengenai drakula “Twilight” yang sangat terkenal.

Pemilihan nama bayi bisa pasang surut. Nama seperti “Tiffany dan “Justin” yang populer tahun 1980-an sangat banyak dipakai, namun kemudian ketinggalan jaman.

Pada suatu hari seorang karyawan VOA pernah bertemu anak laki-laki bernama “Aiden”. Rekan kita itu tidak pernah mendengar nama tersebut. Ternyata Aiden adalah nama anak laki-laki yang paling populer tahun ini, seperti dilaporkan oleh situs BabyCenter.com. Sebenarnya, Aiden adalah nama tokoh acara televisi yang sangat digemari, yaitu “Sex and the City”.

Tampaknya budaya pop mempengaruhi pemilihan nama-nama bayi Amerika. Isabella nama anak perempuan ketiga yang paling terkenal, contohnya, mungkin adaptasi dari drakula Bella. Nama “Jacob” juga termasuk dalam daftar 10 nama terpopuler. Jacob adalah nama manusia serigala yang tampan dalam film serial Twilight.

Yang mengherankan “Sophia” menjadi urutan pertama nama-nama bayi perempuan tahun ini, dan Ava yang kelima. Sophia Loren dan Ava Gardner adalah aktris gemerlap pada layar perak setengah abad lalu. Namun rekan lainnya yang membaca novel-novel percintaan mengatakan “nama-nama tradisional, khususnya untuk anak perempuan sangat digemari”.

Daftar 10 nama terpopuler untuk anak laki-laki dan perempuan khususnya merujuk pada orang kulit putih, bayi-bayi yang non-Hispanik. Kita tidak akan banyak menjumpai nama “Aiden” atau “Mason” digunakan pada daftar nama bayi Amerika keturunan Afrika atau Latin.

XS
SM
MD
LG