Tautan-tautan Akses

Bantuan Militer $425 Juta untuk Ukraina akan Diberikan Jumat


Sebuah gudang di Kherson, Ukraina, hancur akibat serangan Rusia pada 31 Oktober 2023. (Foto: Reuters/Ivan Antypenko)
Sebuah gudang di Kherson, Ukraina, hancur akibat serangan Rusia pada 31 Oktober 2023. (Foto: Reuters/Ivan Antypenko)

Amerika Serikat menyediakan bantuan militer tambahan sebesar $425 juta untuk Ukraina dalam paket yang diperkirakan akan diberikan secepatnya pada Jumat (3/11), kata dua pejabat Amerika Serikat kepada VOA.

Pentagon menggunakan kewenangan presiden untuk menarik dana itu dan akan mengirim persenjataan bernilai $125 juta ke Kyiv dari persediaan Pentagon, menurut pejabat-pejabat yang berbicara kepada VOA dengan syarat anonim sebelum pengumuman tersebut.

Paket itu menandai ke-50 kali otoritas ini digunakan untuk Ukraina sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Paket itu mencakup lebih banyak roket GMLRS untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), tambahan amunisi untuk Sistem Rudal Canggih Permukaan-ke-Udara Nasional (NASAMS), tambahan peluru 105 mm dan 155 mm, 12 truk pengangkut berat dan perlengkapan lainnya seperti pakaian untuk cuaca dingin guna bertempur dalam musim dingin.

Selain itu, paket yang diperkirakan diberikan pada Jumat ini akan mencakup dana Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) hingga $300 juta untuk amunisi berpemandu laser untuk menembak jatuh drone, menurut kedua pejabat.

Pentagon telah kehabisan dana USAI dan terdapat sisa sekitar $5 miliar untuk diambil dari persediaan senjata. Menurut para pejabat itu, dana USAI $300 juta yang diberikan kepada Ukraina adalah jumlah prorata yang ditarik Pentagon dari anggaran sementara yang disetujui sebagai upaya agar pemerintah tetap beroperasi dengan dana tahun lalu sampai akhirnya Kongres menyetujui anggaran baru. Namun, anggaran sementara ini akan berakhir pada 17 November.

Amerika Serikat telah memberi bantuan keamanan sekitar $44 miliar ke Ukraina sejak Rusia menginvasi negara itu pada Februari 2022. [ka/pp]

Forum

XS
SM
MD
LG