Tautan-tautan Akses

Band Kolombia Terkejut Lagunya Digemari Obama

  • Associated Press

Tiga anggota band salsa Sonora Carruseles, Leonardo Sierra (kiri), Daniel Marmolejo (tengah) dan Jans Certuche tampil di Doral, Florida (17/8). (AP/Alan Diaz)

Tiga anggota band salsa Sonora Carruseles, Leonardo Sierra (kiri), Daniel Marmolejo (tengah) dan Jans Certuche tampil di Doral, Florida (17/8). (AP/Alan Diaz)

Lagu milik band Sonora Carruseles 'La salsa la traigo yo' masuk ke dalam daftar lagu kegemaran Obama yang ditampilkan dalam situs penyiaran lagu Spotify.

Para anggota band salsa asal Kolombia yang tidak terlalu dikenal tidak paham kenapa lagu mereka yang direkam lebih dari 10 tahun yang lalu termasuk dalam daftar lagu Spotify yang dikurasi Presiden AS Barack Obama.

Lagu tersebut, "La salsa la traigo yo,'' dari Sonora Carruseles, adalah salah satu dari 40 lagu yang termasuk dalam dua daftar #POTUSPlaylists di layanan penyiaran lagu yang populer tersebut.

Daftar itu termasuk musik dari Bob Dylan, Bob Marley, Coldplay, Frank Sinatra, Beyonce, Justin Timberlake, Stevie Wonder, Aretha Franklin dan penyanyi Spanyol Mala Rodriguez.

"Bagi kami, sebuah penghormatan saat seseorang yang sangat berpengaruh seperti Presiden AS menikmati dan bersenang-senang di waktu luang dengan musik salsa Kolombia dari Sonora Carruseles,'' ujar salah satu anggota band, Daniel Marmolejo.

Para anggota band itu terkejut ketika mendengar berita tersebut. Saking terkejutnya, mereka pikir itu adalah sebuah lelucon.

Kejutan yang paling besar adalah karena lagu itu sudah lama dilupakan.

"Kami belum memainkan lagu itu lagi dalam waktu yang lama. Bahkan kami telah menghapus lagu itu dari repertoar kami untuk memasukkan lagu-lagu baru," ujar Marmalejo, menambahkan bahwa lagu itu kembali masuk sekarang.

Gedung Putih mengatakan mereka tidak tahu bagaimana masing-masing lagu dapat masuk ke daftar tersebut, meskipun para staf menekankan bahwa Obama memilih sendiri lagu-lagu tersebut dan pada umumnya mengenal musik itu seperti kebanyakan orang: dari teman, keluarga, film, musisi dan lain-lain.

Dibentuk di Medellin, Kolombia, tahun 1995, Sonora Carruseles mengeluarkan album pertama mereka tahun 2001. Tahun 2005, para anggota band pindah ke Miami untuk mempermudah tur. Sejauh ini mereka telah mengeluarkan 14 album.

Band beranggotakan 12 orang itu berharap mereka akan mendapat keberuntungan dengan dimasukkannya lagu tersebut.

"Sekarang semuanya berubah. Dalam beberapa hari ini, lebih banyak orang tahu mengenai kami, mereka ingin tahu siapa kami, dari mana kami berasal dan lebih banyak belajar tentang musik kami. Bagi kami, sangat penting bahwa Obama telah menaruh kami di peta (musik)," ujar Leonardo Sierra, salah satu anggota band.

"Negara kami sendiri hampir tidak mengenali kami dan itu menyedihkan," tambahnya.

"Tapi saya kira ini peluang besar untuk kami untuk melintasi batas-batas budaya dan musik."

XS
SM
MD
LG