Tautan-tautan Akses

Asian Games Ke-16 Dibuka di Guangzhou


Upacara Pembukaan Asian Games 2010 digelar dengan upacara yang sangat meriah hari Jumat di Guangzhou, Tiongkok.

Upacara Pembukaan Asian Games 2010 digelar dengan upacara yang sangat meriah hari Jumat di Guangzhou, Tiongkok.

Kira-kira 10.000 atlet dari 45 negara di kawasan Asia dan Timur Tengah telah tiba di Guangzhou untuk mengikuti Asian Games ke-16, acara olahraga internasional terbesar bagi Tiongkok setelah Olimpiade 2008.

Pekan olahraga Asian Games kembali ke Tiongkok setelah 20 tahun, kali ini ke kota Guangzhou di Tiongkok Selatan.

Upacara pembukaan Jumat malam dihadiri oleh PM Tiongkok Wen Jiabao, dimulai dengan permainan kembang api dari seluruh bagian gedung Guangzhou TV Tower - gedung tertinggi di kota itu.

Pertunjukan megah yang bertemakan air menampilkan air mancur dan air terjun, seorang anak kecil diatas selembar daun tampak mengambang di udara dan air. Sebuah kapal Tiongkok juga berlayar di tengah ilusi gelombang.

Salah satu tarian dalam upacara pembukaan AG 2010 di Guangzhou, Jumat 12 November 2010.

Salah satu tarian dalam upacara pembukaan AG 2010 di Guangzhou, Jumat 12 November 2010.

Pianis Tiongkok yang terkenal, Lang Lang, tampil di atas sebuah panggung air. Dan kemudian para atlet dari berbagai negara muncul ke atas panggung.

Keamanan diperketat di Guangzhou, ibukota provinsi Guangdong yang berbatasan dengan Hong Kong. Polisi juga mengatakan mereka telah menangkap kira-kira 600 "buronan" menjelang pekan olahraga itu. Pihak berwenang juga telah memindahkan sementara para warga yang tinggal dekat tempat upacara pekan olahraga.

Guangzhou menghabiskan 2 milyar dolar untuk membangun stadion dan fasilitas lainnya untuk pekan olahraga itu, yang dipandang oleh pihak luar berasal dari industri manufaktur Tiongkok dan pusat ekspor.

Hampir 4.000 medali akan diberikan tahun ini, dalam berbagai pertandingan, mulai dari olahraga populer seperti sepak bola dan kriket, sampai olahraga tradisional seperti sepak takraw, dan lomba perahu naga yang dipertandingkan untuk pertama kalinya

Tiongkok menduduki puncak perolehan medali dalam tujuh kali pelaksanaan Asian Games belakangan ini, yang diselenggarakan setiap empat tahun. Korea Selatan mengatakan mereka bertekad untuk mengulang urutan kedua secara keseluruhan seperti empat tahun lalu di Doha.

Jepang mengirim delegasi terbesarnya. Namun, sengketa kawasan antara Tiongkok dan Jepang dikhawatirkan berdampak di lapangan pertandingan. Untuk mencegah bentrokan, pihak penyelenggara memisahkan para pendukung Tiongkok dan Jepang pada pertandingan sepakbola sebelum pembukaan.

Pekan olahraga Asian Games di Guangzhou ini akan berakhir pada tanggal 27 November mendatang.

XS
SM
MD
LG